Timnas Indonesia

Kocak! STY Tidak Tahu Pernah Duel dengan Bima Sakti di Piala Asia 1996

TOPIK BERITA :


Kocak! STY Tidak Tahu Pernah Duel dengan Bima Sakti di Piala Asia 1996
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Di Piala Asia 1996, pelatih saat ini, Shin Tae-Yong sempat membela Korea Selatan ketika berjumpa dengan Timnas Indonesia. Saat itu, Timnas Indonesia dan Korea Selatan tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Dalam laga kedua babak fase grup itu, Korea Selatan menang dengan skor akhir 4 – 2. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong masuk sebagai pemain pengganti. Pada menit ke-33, pelatih Korea Selatan memasukkan Shin untuk menggantikan Roh Sang-rae.

Sedangkan di sisi Timnas Indonesia, pelatih Timnas U-16 saat ini, Bima Sakti turun sejak menit pertama.

Namun, berselang waktu puluhan tahun lamanya, Shin Tae-Yong mengungkapkan fakta yang sebenarnya. Ia mengaku tidak tahu jika pada saat itu ia berhadapan dengan Bima Sakti – yang di mana, saat ini keduanya bahu membahu dalam melatih Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Coach Bima tak pernah bicara soal ini. Saya ingat melawan Timnas Indonesia tapi tak ingat pemain (Timnas Indonesia) siapa saja yang bermain. Ya baru tahu hari ini,” ujar Shin Tae-Yong sambil tertawa.

Wajar bagi Shin Tae-Yong tidak mengetahui hal itu. Sebab sebelumnya ia pernah melawan Timnas Indonesia dalam laga lain, yaitu di pada tahun 1991. Bahkan pada saat itu (laga persahabatan), Shin Tae-Yong mencetak gol ke gawang Indonesia.

Sehingga ia tidak tahu persis kapan ia berhadapan dengan Bima Sakti.

“Saya sangat ingat, memang kami tim Olimpiade main di Masan Stadium, Korea, menghadapi Timnas Indonesia. Saat itu uji coba pertama buat Korea,” tambah Shin Tae-Yong.

“Saat itu kami menggunakan 3 bek untuk pertama kalinya. Kebetulan saya main sebagai wing back dan mencetak dua gol, saya masih ingat betul,” tutupnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Selama melatih Indonesia, Shin Tae-Yong telah memberikan beberapa pencapaian yang cukup baik.

Ia pernah mempersembahkan medali perunggu untuk Timnas U-23 dalam ajang SEA Games 2021. Selain itu, Shin Tae-Yong pernah membawa Timnas Indonesia hingga babak final 2020. Setelah itu, coach Shin membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai finis sebagai runner-up terbaik di babak Kualifikasi Piala Asia beberapa waktu lalu.

Kini, ujian baru tengah menanti Shin Tae-Yong. Ia diminta untuk membawa skuad Garuda muda menjadi juara Piala AFF U-19.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid