Timnas Indonesia

9 Punggawa Skuad U-22 SEA Games 2023 yang Ternyata Berlabel Timnas Senior



NOBARTV NEWS – Ternyata, ada sembilan pemain berlabel Timnas senior yang dibawa Indra ke SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Jumat 21 April kemarin, PSSI lewat media sosial – dan juga melalui konferensi pers-nya sudah mengumumkan daftar 20 pemain yang akan dibawa ke SEA Games 2023.

Rencananya, ke-20 pemain – berikut dengan pelatih serta ofisial akan berangkat pada Selasa 25 Maret ke Kamboja selaku tuan rumah untuk even tersebut. Untuk edisi SEA Games 2023 ini, skuad asuhan Indra Sjafri itu tergabung di grup A bersama Timnas Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Sementara itu, di grup B bakal diisi oleh duo semi-finalis SEA Games edisi 2021 yakni Timnas Thailand dan Vietnam. Selain itu, ada Timnas Malaysia, Singapura, dan Laos.

Adapun dalam sesi konferensi pers-nya kemarin, PSSI dalam hal ini Ketua Umum Erick Thohir menyebut pihaknya sudah bekerja keras untuk menyeleksi ke-20 nama itu. Ia, Exco, pelatih, BTN (Badan Tim Nasional), serta ofisial menjadi nama-nama yang turut menyeleksi mereka.

“Hari ini saya dengan Exco PSSI, coach, BTN, dan ofisial, kita sudah berusaha keras menyeleksi 20 pemain yang kita akan kirim ke SEA Games,” ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir di kesempatan tersebut.

“Tentu ini bukan berarti yang tak terpilih bukan jadi bagian yang terbaik untuk masa depan Indonesia. Tapi ini pilihan yang harus dijalankan, kita siapkan tim yg siap, terutama mentalnya. Hari ini kita sudah pilih. Karena ini akan didaftarkan ke KOI. Tim pada 25 April akan berangkat ke Kamboja,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menariknya, dalam daftar 20 pemain yang sudah terseleksi itu, terdapat 9 pemain yang berlabel senior. Hal ini menandakan bahwa pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong banyak mengandalkan pemain mudanya. Lantas, siapa saja kesembilan pemain yang dimaksud?

1. Ernando Ari

Kiper milik Persebaya Surabaya ini merupakan pemain yang pernah membela Timnas Indonesia senior. Meski baru berusia 21 tahun, sebagai seorang kiper, Ernando sudah mencatatkan caps sebanyak 2 kali.

2. Alfeandra Dewangga

Di edisi SEA Games 2021 lalu, Dewangga merupakan andalan pelatih Shin Tae-yong. Tak hanya itu saja, ia juga merupakan bagian dari skuad senior di 2020 lalu.

3. Rizky Ridho

Pemain anyar Persija Jakarta Rizky Ridho merupakan pemain yang sudah diandalkan sejak belia. Ia bagian dari skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF, dan terbaru ikut tampil di FIFA Matchday kontra Burundi.

4. Witan Sulaeman

Bermain sebagai seorang winger, Witan sudah mencuri perhatian sejak masih usia belia. Pernah berkarir di luar negeri, Witan menjadi salah satu pemain favorit Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

5. Pratama Arhan

Meksipun tak mendapatkan jam terbang tinggi di klubnya, namun STY selalu memberikan kesempatan bagi Arhan untuk membela Timnas senior. Dan di SEA Games 2023, pelatih Indra Sjafri juga mengandalkan kekuatan bek sayap Tokyo Verdy ini.

6. Muhammad Ferrari

Berstatus sebagai kapten di Timnas Indonesia U-20, Ferrari pertama kali debut untuk Timnas Indonesia senior di FIFA Matchday kontra Curacao pada tahun 2022 kemarin. Kini, bek yang gagal tampil di itu menjadi salah satu pemain andalan Indra Sjafri di SEA Games 2023.

7. Marselino Ferdinan

Skill serta kemampuan yang dimiliki Marselino membuatnya kini bermain di divisi kedua KMSK Deinze. Di usia yang masih sangat belia, Marselino merupakan andalan Shin Tae-yong untuk tim senior dan juga tim kelompok umur.

8. Ramadhan Sananta

Pemain yang baru saja membawa PSM Makassar menjuarai Liga 1 ini adalah bagian skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kemarin. Dan di FIFA Matchday Maret lalu, ia kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong.

9. Adi Satryo

Tidak hanya Ernando Ari saja, kiper lainnya yang dibawa Indra ke SEA Games 2023 kali ini ternyata merupakan pemain berlabel skuad senior. Dalam melawan Oman tahun 2021 lalu, ia turun selama 45 menit.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

26 Comments