Timnas Indonesia

Turut Jadi Tim Penyeleksi Pemain Timnas U-17, Firman Utina Sanjung Antusias dan Semangat para Peserta



NOBARTV NEWS – Legenda Firman Utina masuk sebagai salah satu tim penyeleksi pemain Timnas Indonesia U-17. Dalam proses penyeleksian beberapa waktu lalu, Firman menyanjung antusias serta semangat para peserta seleksi.

Seperti yang diketahui, saat ini Timnas Indonesia sedang melakukan seleksi pemain Timnas U-17 di beberapa kota se-Indonesia. Seleksi tersebut dilakukan demi menjaring bakat-bakat pesepakbola muda se-tanah air.

Jadi, untuk proses seleksi ini, PSSI melakukannya di 12 kota berbeda dengan bekerjasama bersama Asprov PSSI setempat. Seleksi pertama dilakukan di Bandung pada 12 Juli lalu. Bertempat di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, proses seleksi tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Menpora RI Dito Ariotedjo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan tentunya Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Proses seleksi kedua kembali berlanjut di Stadion Jakabaring Palembang. Diikuti seleksi ketiga di Bali yang memakan waktu selama dua hari dari 15 Juli sampai 16 Juli 2023.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Menariknya, dalam proses penyeleksian ini, PSSI menggandeng beberapa tokoh sepakbola tanah air. Indra Sjafri selaku Dirtek PSSI dan juga pelatih Timnas Indonesia U-20 diminta untuk menemani Bima Sakti. Selain Indra, Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise juga pernah membersamainya. Bahkan, legenda Timnas Indonesia seperti Firman Utina hingga Budi Sudarsono juga turut diikutsertakan.

Untuk Firman Utina dan Budi Sudarsono, keduanya diminta untuk membersamai seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di Tangerang, Banten pada Minggu 16 Juli kemarin. Seleksi di akhir pekan itu dimulai pada 07.00 WIB dengan registrasi ulang lalu persiapan pertandingan dari pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Di kesempatan tersebut, Firman Utina menyanjung para peserta yang mengikuti seleksi. Eks pemain Persija Jakarta itu menyebut para peserta sangat antusias, semangat, dan bekerja keras untuk mengikuti seleksi tersebut. Kata Firman lagi, meksipun seleksi ini dilakukan di Banten, namun beberapa peserta ada yang berasal dari provinsi lainnya. Adapun terkait cara penyeleksian, Firman Utina menyebut para pemain diminta untuk bertanding dalam sebuah laga – yang di mana total ada 7 pertandingan selama seleksi di Banten berlangsung.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Kami melihat antusias, semangat, kerja keras yang luar biasa dari pemain-pemain yang ikut di seleksi Tangerang ini. Mayoritas peserta dari provinsi Banten, namun ada juga dari provinsi lainnya. Disini kami memainkan game sebanyak 7 kali pertandingan,” kata Firman Utina.

“Setelah memantau tadi, kami sudah menyaring nama-nama pemain yang potensi untuk dikirim mengikuti seleksi tim U-17 Indonesia di Jakarta. Kriteria pemain tentu seperti yang diinginkan oleh pelatih Bima Sakti yakni punya mental yang bagus, postur tubuh yang ideal, skill yang oke, disiplin, kekuatan, komunikasi, VO2max dan lain-lainnya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment