Timnas Indonesia

Persiapan Piala Dunia U-17, Skuad Garuda Asia Uji Coba dengan Tim Asia, Eropa, dan Afrika



NOBARTV NEWS – Punggawa U-17 akan melakukan beberapa laga uji coba sebelum tampil di ajang 2023. Rencananya, anak asuh Bima Sakti itu akan berujicoba dengan tim-tim asal Asia, Eropa, hingga Afrika.

Sebagaimana diketahui, sejak 10 Juli kemarin, PSSI lewat laman resminya telah mengumumkan daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan jelang even Piala Dunia U-17 2023. Dalam daftar 34 pemain yang dipanggil itu, PSSI juga menyertakan 6 pemain keturunan.

Jumlah pemain keturunan ini tentunya jauh lebih sedikit dibandingkan data yang diterima PSSI. Sebab sebelumnya, Menpora RI Dito Ariotedjo telah menyerahkan daftar 30 pemain keturunan/diaspora kepada PSSI. Ke-30 pemain tersebut, kata Dito saat itu masih berusia muda dan memiliki kesempatan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023. Akan tetapi, seperti yang disebutkan tadi, PSSI hanya mencoba 6 nama saja.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Di hari pertama setelah pengumuman tersebut, tak semua pemain sudah bergabung dengan skuad Garuda Asia. Namun untuk pemain yang sudah ada di lokasi, PSSI melakukan tes kesehatan dan fisik kepada Ji Da-bin dkk. Tes fisik dan kesehatan itu dipimpin langsung oleh tim Kedokteran PSSI Syarif Alwi.

Pasca tes kesehatan dan fisik, beberapa hari berikutnya para pemain mengikuti serangkaian tes lainnya. Kali ini, mereka melakukan tes psikotes untuk mengetahui kepribadian masing-masing. Tes psikotes itu dipimpin langsung oleh dua psikolog yang sebelumnya menemani Timnas Indonesia U-22 ketika bermain di SEA Games 2023 beberapa waktu lalu.

Usai melakukan serangkaian tes-tes itu, para pemain skuad Garuda Asia juga akan mengikuti ajang uji coba. Uji coba tersebut, kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir itu akan digelar dengan melawan berbagai tim luar negeri. Ada dari Asia, Eropa, hingga Afrika. Hal itu, kata Erick Thohir demi menambah pengalaman mereka karena di Piala Dunia U-17 nanti, skuad Garuda berpeluang untuk melawan tim-tim seperti itu.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Kita kan tadinya mau TC di Doha, cuma panas di sana. Musim panas enggak kuat kita di sana bisa 40 derajat, makanya kita pindah ke Eropa,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, uji coba itu akan digelar usai PSSI melakukan seleksi di beberapa kota. Rencananya, PSSI akan menggelar seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di 12 kota se-Indonesia.

“Setelah menggelar seleksi di beberapa kota, pemain yang lolos akan berangkat ke Eropa untuk melakukan pemusatan latihan, sekaligus uji coba melawan tim kuat di Eropa, Afrika dan Asia lainnya,” ucapnya menambahkan.

“Ini penting karena pemain harus terbiasa menghadapi lawan-lawan tangguh sebelum mengikuti Piala Dunia U-17,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment