Timnas Indonesia

Resmi: FIFA Tunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah 2023.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini, Indonesia dinyatakan batal sebagai tuan rumah untuk 2023. Mirisnya lagi, persiapan yang sudah dilakukan PSSI dan Pemerintah RI sudah sangat maksimal. Dimulai dari latihan intens jangka panjang untuk skuad Garuda muda hingga fasilitas berupa stadion yang direnovasi besar-besaran Pemerintah RI – dalam hal ini oleh Kementerian PUPR.

Lebih buruknya lagi, keputusan FIFA untuk mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah tersebut disampaikan tak lebih dari dua bulan jelang perhelatan akbar itu. FIFA beralasan kalau masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki oleh Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan. Federasi Sepakbola Dunia itu menganggap Indonesia masih belum mentransformasi total sepakbola tanah air pasca tragedi tersebut. Alhasil, skuad U-20 yang awalnya diproyeksikan tampil di ajang tersebut pun dibubarkan.

FIFA disebut tidak menjelaskan alasan utama pihaknya membatalkan status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20. Sebab sebelum FIFA membatalkan even Piala Dunia U-20 di Indonesia, di tanah air memang sudah memanas dengan gelombang protes terhadap salah satu peserta yang lolos yakni Timnas Israel U-20. Israel dianggap bangsa penjajah (menjajah Palestina) sehingga banyak kalangan yang tak setuju dengan kedatangan mereka.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun ternyata, bukan hanya Indonesia yang dinyatakan batal untuk menjadi tuan rumah. Negara asal Amerika Latin Peru juga diputuskan batal sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 2023. Khusus untuk Peru, FIFA menyebut negara tersebut belum siap menyelenggarakan even tersebut dikarenakan ketidaksiapan dari segi infrastruktur.

Indonesia awalnya dirumorkan akan segera menjadi pengganti Peru ketika Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu FIFA dalam rangka membahas batalnya status tuan rumah. Singkatnya, netizen berasumsi kalau Indonesia akan diberikan kesempatan kedua untuk menjadi tuan rumah untuk ajang internasional tersebut.

Adapun keputusan FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 diumumkan mereka melalui laman resminya.

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Kerangka waktu untuk masing-masing turnamen akan dikonfirmasi pada waktunya,” tulis FIFA.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta semua pihak untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik. Erick pun belum tahu pasti alasan di balik penetapan status tuan rumah tersebut. Namun ia berasumsi status tuan rumah Piala Dunia U-17 itu diberikan FIFA karena adanya faktor positif yang ditunjukkan oleh persepakbolaan tanah air.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam [WIB] di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Erick dilansir dari laman resmi PSSI.

“Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA,” lanjut pernyataan Erick tersebut.

“Kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina yang sukses dan menyita perhatian FIFA, serta sepakbola internasional menjadi alasannya. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment