Timnas Indonesia

Semua Kena Prank! Shayne Pattynama Dipastikan Gagal Debut dengan Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shayne Pattynama dipastikan batal memperkuat di FIFA Matchday melawan Burundi. Ternyata, proses perpindahan federasi sang pemain belum rampung sampai detik ini.

Sebagaimana diketahui, dalam daftar pemain yang dijadwalkan akan bertemu Burundi kemarin, PSSI resmi memanggil 28 pemain terbaik yang dimiliknya saat ini. Pemanggilan PSSI tersebut tak lepas dari kehendak sang pelatih Shin Tae-yong.

Dari 28 nama tersebut, STY memanggil 6 pemain abroadnya seperti Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Shayne Pattynama (Viking FK).

Khusus untuk nama terakhir, ia menjadi satu-satunya pemain abroad yang sama sekali belum pernah melakukan debutnya dengan Timnas Indonesia. Sebab Shayne sendiri baru resmi menjadi WNI pada Januari kemarin. Saat itu, ia diresmikan sebagai warga negara Indonesia usai melakukan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Prosesnya saat itu bertepatan dengan beberapa minggu sebelum Mochamad Iriawan lengser dari jabatannya (sebagai Ketua Umum PSSI).

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun kabar baiknya, sang pemain disebut sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia karena proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI sudah rampung. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI 1 Zainudin Amali setelah mendapatkan bisikan dari Sekjen Yunus Nusi beberapa waktu lalu.

“Coba nanti akan kita cek prosesnya,” kata Amali kepada wartawan pada 13 Maret kemarin.

“Eh sudah ya (Shayne Pattynama pindah federasi). Sudah rampung, oke,” tegasnya lagi begitu mendengar bisikan dari Yunus Nusi yang berdiri di sampingnya.

Kepastian yang diutarakan Amali tersebut tentu menjadi angin segar bagi suporter Timnas Indonesia. Sebab fullback kiri Viking FK itu akhirnya resmi menjadi WNI dan berpeluang besar melakukan debutnya dalam waktu dekat ini.

Berbagai media tanah air memberitakannya jelang debut pemain yang diketahui pernah menimba ilmu di klub Belanda Telstar SC ini. Bahkan, PSSI dalam laman resminya turut mencantumkan nama sang pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang melawan Timnas Burundi di FIFA Matchday bulan ini.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Namun sayang seribu sayang, ekspektasi suporter runtuh seketika. Bahkan, tak hanya suporter saja, namun pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga ikut kena prank dengan apa yang dikatakan Amali sebelumnya. Sebab ternyata, proses perpindahan federasi Shayne Pattynama belum rampung. Bisa diartikan bahwa nama Pattynama masih berada di bawah naungan KNVB atau Federasi Sepak Bola Belanda.

“Shayne (Pattynama) tidak jadi, karena proses perubahan asosiasinya (federasi) belum beres,” kata asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto.

Dengan demikian, Pattynama pun bisa dibilang batal debut dengan Timnas Indonesia dalam waktu dekat ini.

“Iya dipastikan absen (lawan Burundi),” pungkas Nova.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment