Timnas Indonesia

Unggul Jumlah Pemain, Skuad Garuda Gagal Tundukkan Thailand

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS gagal meraih 3 poin di laga melawan Thailand dalam lanjutan 2022 grup A. Unggul jumlah pemain, skuad Garuda ditahan imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kamis, 29 Desember 2022, skuad asuhan Shin Tae-yong memainkan laga ke-tiganya di Piala AFF 2022. Di laga tersebut, Timnas Indonesia kebagian jatah bermain sebagai tuan rumah.

Dalam daftar 11 pemain yang diturunkan melawan Thailand, STY memasang pemain intinya. Seperti duet Fachruddin Aryanto dan Jordi Amat di jantung pertahanan Timnas Indonesia. Lalu Arhan yang sempat absen di laga melawan Brunei juga diturunkan di laga ini. Di posisi bek sayap kanan, Asnawi diturunkan lagi oleh Shin Tae-yong.

Adapun di lini tengah, Rachmat Irianto dan Marc Klok menjaga kedalaman skuad Garuda. Egy, Witan, dan Sayuri juga masuk dalam strating line up. Shin lalu memasang Dendy Sulistyawan sebagai ujung tombak Timnas Indonesia.

Sejak menit pertama, kedua tim bermain saling serang. Meski demikian, Thailand masih jauh lebih dominan di hadapan tamunya itu. Skuad Garuda sesekali melakukan serangan balik ke lini bertahan skuad Gajah Perang itu.

Setidaknya, ada dua peluang emas yang didapatkan oleh Marc Klok dkk. Yaitu ketika Witan Sulaeman memberikan umpan mendatar kepada Egy yang sayangnya – tak mampu dikejar oleh sang pemain.

Peluang emas lainnya juga disia-siakan oleh Witan Sulaeman. Saat itu, kiper Thailand maju terlalu jauh. Witan kemudian menyambar bola dan berhasil menguasainya. Sayang, ketika ia mengarahkan bola ke gawang yang sudah tak berpenghuni, tembakan winger AS Trencin itu justru melenceng beberapa cm dari gawang Thailand.

Hingga berakhirnya babak pertama, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Thailand.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia lebih percaya diri untuk menyerang. Hingga pada akhirnya, tuan rumah mendapatkan hadiah penalti 5 menit sejak pertandingan babak kedua dimulai. Asnawi Mangkualam melepas tembakan yang justru mengarah kepada tangan kapten Thailand Theerathon Bunmathan. Saat itu, Bunmathan berada di dalam kotak penalti. Sang kapten diberikan kartu kuning dan Indonesia dihadiahi tembakan penalti.

Marc Klok maju sebagai eksekutor dan sukses melepas tembakan. Bola mengarah ke arah tengah gawang dan gagal dihalau sang kiper. Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Memasuki menit ke-63, Thailand terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Sanrawat Dechmitr melakukan pelanggaran kerasa kepada Saddil Ramdani. Tanpa ragu, sang pengadil memberikan kartu merah langsung kepada pemain yang justru baru masuk pada babak kedua itu.

Meski unggul jumlah pemain, namun Indonesia tak sepenuhnya menguasai jalannya pertandingan. Justru, gawang Nadeo harus kebobolan 10 menit sebelum pertandingan bubar. Kesalahan lini bertahan skuad Garuda dimanfaatkan dengan baik oleh Sarach Yooyen. Ia melepas tembakan keras yang mengenai kaki Kambuaya dan berbelok ke arah atas lalu menghujam gawang Nadeo Argawinata.

Hingga pertandingan usai, hanya dua gol tersebut yang tercipta. Timnas Indonesia gagal memanfaatkan jumlah pemain dan kelebihannya bermain sebagai tuan rumah. Skor 1-1 menjadi akhir dari pertandingan. Dengan hasil itu, Thailand tetap berada di puncak klasemen sementara grup A Piala AFF 2022 dengan perolehan 7 poin.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments