Timnas Indonesia

Soal Target di Piala Asia U-20 2023, Begini Kata PSSI

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Lusa, skuad Garuda muda akan memulai partai perdananya di Piala Asia U-20 2023. Salah satu anggota Exco PSSI Endri Erawan menitipkan pesan serta target kepada Hokky Caraka dkk.

Sebagaimana diketahui, skuad Garuda muda sudah berada di Uzbekistan. Mereka berangkat pada Jumat 24 Pebruari kemarin. Anak asuh Shin Tae-yong itu berkekuatan 23 pemain terbaik yang berhasil disaring selama pemusatan latihan yang sudah dijalani sejak 1 Pebruari kemarin.

Shin sendiri tak menargetkan hasil sempurna untuk anak asuhnya. Hal itu kata Shin karena skuadnya tak berkekuatan penuh. Maka daripada itu, ia meminta kepada suporter untuk tidak berharap banyak (kepada penampilan Timnas U-20) karena beberapa pemain inti belum bisa mengikuti even tersebut. Pemain yang dimaksud Shin adalah Marselino Ferdinan dan tiga pemain naturalisasi yang belum selesai diproses. Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick.

“Memang bisa saja prestasi kali ini tidak ada, atau bisa juga ada. Maksudnya walaupun tidak ada prestasi ya saya berharap masyarakat Indonesia jangan kecewa dengan ini, karena bulan Mei di Piala Dunia pastinya tim kita akan jauh lebih baik daripada sekarang,” ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Jadi tidak perlu dikhawatirkan, dan apalagi pemain-pemain yang ada di sini pun berusaha semakismal mungkin,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

“Memang bisa saja dari masyarakat Indonesia kecewa dengan hasil nanti, misal kita tidak lolos dari grup, tetapi saya tetap memohon kepada masyarakat agar bisa memberikan dukungan penuh kepada para pemain muda saat ini,” ujarnya memungkasi.

Adapun PSSI, yang diwakili oleh salah satu anggota exco yakni Endri Erawan menjelaskan perihal target yang harus diraih skuad Garuda muda. Hal tersebut Endri utarakan ketika melepas rombongan Timnas Indonesia menuju Uzbekistan beberapa waktu lalu. Endri meminta kepada Hokky Caraka dkk untuk memanfaatkan Piala Asia U-20 sebagai ajang persiapan mereka sebelum tampil di 2023.

“Piala Asia U-20 2023 akan menjadi persiapan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 di bulan Mei mendatang,” kata Endri.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

“Apapun hasil yang diraih di Uzbekistan, hal itu tak akan berpengaruh pada hasil kita yang sudah otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 2023 nanti,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai CEO Mitra Kukar ini.

Endri meminta skuad Garuda muda (di Piala Asia U-20) untuk memperlihatkan seperti apa perkembangan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

“Namun, ini adalah kesempatan kalian untuk berjuang dan memperlihatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bagaimana Timnas U-20 bisa berkembang di bawah asuhan Shin Tae-yong. Kita harus membuktikan bahwa dengan perhatian lebih dari pemerintah ini, hal itu bisa membuat prestasi kita meningkat. Tolong tunjukkan ini kepada masyarakat Indonesia.”

Sama halnya dengan Shin Tae-yong, Endri juga meminta mereka untuk tetap tampil serius. Terkait target yang diusung oleh PSSI, Federasi Sepak Bola Tertinggi di Indonesia itu meminta skuad Garuda muda minimal lolos dari fase grup. Bahkan jika lebih, PSSI akan sangat mengapresiasinya.

“Kalian harus tetap serius dan tetap harus memasang target. Kalau bisa, kita harus lolos dari fase grup atau pun lebih jauh lagi,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments