Timnas Indonesia

Jelang FIFA Matchday, Media Vietnam Ejek Laga Indonesia vs Timor Leste

TOPIK BERITA :


Jelang FIFA Matchday, Media Vietnam Ejek Laga Indonesia vs Timor Leste
Al Fath Fatir mencoba memblok umpan pemain Timor Leste pada AFF Suzuki 2018 silam.

NOBARTV NEWS – Tinggal menghitung hari untuk menyaksikan antara Indonesia vs Timor Leste. Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia diunggulkan karena dalam beberapa pertemuan terakhir selalu meraih hasil positif ketika menghadapi tetangganya tersebut. Pertandingan yang direncanakan akan digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali ini akan berlangsung sebanyak dua kali.

Adapun sejak beberapa hari yang lalu sudah memulai pelatihan di Bali, sedangkan Timnas Timor Leste dikabarkan sudah menjalani karantina di Jakarta. Tinggal menunggu waktu untuk menyaksikan keduanya. Adapun alasan di balik terpilihnya Timnas Timor Leste yang menjadi lawan Indonesia dikarenakan Timnas Bangladesh batal menghadapi skuad garuda. Maka opsi yang paling cepat tentu adalah negara tetangga.

Dilansir dari okezone.com, Mayoritas skuad Bangladesh belum mendapatkan vaksin. Tercatat, baru 10 pemain Bangladesh yang mendapatkan vaksin pertama, sisanya belum sama sekali. Padahal, bagi warga negara Asing yang ingin datang ke Indonesia wajib mendapatkan dosis vaksin Covid-19 yang maksimal dari negara asal mereka, setidaknya 14 hari sebelum berangkat ke Indonesia. Hal inilah yang tak sanggup dipenuhi Bangladesh.

Sekjen PSSI Yusri Yunus menuturkan, “Itu sebabnya FIFA matchday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin.”Itulah di balik alasan kenapa Timor Leste setidaknya menjadi opsi kedua yang dipilih PSSI dalam laga yang masuk kalender FIFA ini. Gara-gara memilih Timor Lester yang bisa dikatakan berada jauh di bawah Indonesia, beragam reaksi dari netizen Indonesia menghiasi media sosial. Beberapa netizen bahkan terang-terangan mempertanyakan alasan kenapa harus Timor Leste yang notabenenya negara dengan kultur sepak bola lebih rendah dari Indonesia. Bagi netizen,  semakin sulit lawan yang dihadapi maka akan tampak kualitas permainan Indonesia. Namun jika sebaliknya, meskipun Indonesia menang, permainan Indonesia tidak terlalu membanggakan karena melawan tim yang lebih lemah.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Salah satu media Vietnam bahkan mengejek laga antara Indonesia vs Timor Leste ini. Secara gamblang, media ini beranggapan kalau Timnas Timor Leste menganggap remeh Timnas Indonesia. Portal berita thethao247 tersebut mengatakan pertandingan ini adalah pertandingan menyedihkan. Dikarenakan Timnas Timor Leste justru membawa para pemain U-23, bukan seniornya. Ia mengklaim Timnas Indonesia cukup kaget ketika mengetahui Timor Leste justru mengirim pemain U-23nya ke Indonesia.

Di sisi lain, Timor Leste membantah hal tersebut. Mereka beralasan pemanggilan pemain usia 23 itu untuk mendapatkan pengalaman berharga, sekaligus pemanasan untuk persiapan Asian Games 2022 dan U-23 2022 mendatang. Tidak sampai di situ, media Vietnam yang memang kerap membagikan berita seputarTimnas Indonesia itu juga menyoroti terkait pengunduran jadwal antar Indonesia vs Timor Leste ini. Sebelumnya, laga ini dijadwalkan akan berlangsung pada 24 dan 27 Januari 2022. Namun gagal karena berbagai alasan, salah satunya benturan dengan Indonesia.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Meski demikian, Indonesia harus tetap tampil maksimal. Serta 8 pemain baru yang dipanggil Shin Tae-Yong harus membuktikan kesempatan yang diberikan kepada mereka tidak sia-sia. Karena, hasil akhir pertandingan nanti akan menentukan rangking FIFA berikutnya karena laga ini tercatat dan masuk dalam kalender resmi FIFA.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid