Timnas Indonesia

Tanpa Target, PSSI Akan Kirim Timnas U-20 untuk Asian Games 2022



NOBARTV NEWS – PSSI tanpa target tinggi di Asian Games 2022 mendatang. Bahkan, PSSI kabarnya hanya akan mengirim U-20 di even tersebut.

Seperti yang diketahui, setelah bermain di ajang FIFA Matchday Juni kemarin, Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur masih menyisakan beberapa pertandingan penting di tahun 2023 ini. Untuk Timnas Indonesia senior, mereka akan tampil di 2026 dan beberapa laga sisa di FIFA Matchday tahun 2023.

Adapun untuk Timnas Indonesia U-23, terdapat even yang tak kalah pentingnya yaitu Kualifikasi 2024 di Indonesia dan U-23 di Thailand. Dan baru-baru ini, Timnas Indonesia U-17 yang sejatinya tak memiliki kesibukan apapun pada tahun 2023 juga mendapatkan tugas baru. Pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, skuad asuhan Bima Sakti (pelatih Timnas U-17) itu akan bermain di ajang 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dan seharusnya, terdapat satu even lainnya yaitu Asian Games 2022 (digelar tahun 2023) yang akan dihelat di Hangzhou China. Seharusnya, untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola putra di even tersebut, Tim Nasional yang akan diutus adalah Timnas U-24. Peraturan ini sedikit berubah dari edisi sebelumnya yang di mana setiap tim diminta untuk menyertakan pemain dengan usia U-23.

Akan tetapi, menariknya, untuk edisi 2022 di Hangzhou China, meskipun diperbolehkan untuk mendaftarkan pemain U-24, namun PSSI akan menyertakan pemain dengan usia yang jauh lebih muda. Ya, untuk perhelatan multi olahraga tersebut, PSSI akan mengerahkan pemain Timnas Indonesia U-20 pimpinan Indra Sjafri.

Dikarenakan PSSI hanya akan mengirim pemain dengan usia yang jauh lebih muda, maka Federasi Sepakbola Tertinggi di Indonesia itu pun tak memberikan target apapun kepada mereka.

“Saya bicara dengan coach Indra Sjafri, yang Asian Games 2022 kami akan siapkan pemain U-20. Kenapa harus takut? Sama Argentina saja sudah berani,” ujar Erick di Stadion Madya Gelora Bung Karno Kamis (07/07) kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Ada alasan khusus mengapa PSSI tidak memasang target kepada skuad Garuda muda. Sebab target sebetulnya pada mereka adalah dengan masa depannya. Pemain Timnas Indonesia U-20 yang akan turun di Asian Games 2022 nanti pada dua atau tiga tahun ke depan bakal menjadi punggawa skuad Timnas Indonesia senior di masa mendatang. Maka daripada itu, tanpa memikirkan target, PSSI ingin anak asuh Indra Sjafri itu berkembang dan memiliki pengalaman yang baik lewat even tersebut.

“Tapi, itu apa, tidak ada target, karena targetnya buat masa depan. Kenapa U-20? Karena tahun depan jadi U-21 dan bisa berkembang lagi,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment