Timnas Indonesia

Dari Exco hingga Pelatih, Ramai-ramai Soroti Kecurangan Laga Indonesia vs Qatar



NOBARTV.CO.ID Ramai-ramai komentari laga Indonesia vs Qatar, Beberapa stekholder sepak bola tanah air ikut bersuara terkait pertandingan Indonesia vs Qatar. Mereka meluapkan kekecewaannya dengan kepemimpinan wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirnov di laga tersebut.

Tadi malam, U-23 bertemu dengan skuad Qatar di laga perdana dalam ajang 2024 grup A. Sayangnya, pertandingan Indonesia vs Qatar tersebut berakhir tidak sesuai harapan. Sebab bagaimana tidak, di laga itu, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong takluk dari tuan rumah dengan skor akhir 2-0.

Tidak sekadar menderita kekalahan saja, namun skuad Garuda juga muda dicurangi di laga itu. Berbagai keputusan yang diberikan sang wasit Nasrullo Kabirnov membuat permainan Timnas Indonesia tidak berjalan sesuai rencana.

Sebab bagaimana tidak, keputusan-keputusan yang diberikan tadi malam masih sangat layak untuk diperdebatkan. Seperti dua kartu kuning yang didapatkan Ivar Jenner sehingga membuat sang pemain keluar lapangan lebih cepat hingga dorongan yang dilakukan kepada Marselino Ferdinan yang tak berujung pelanggaran.

PSSI sendiri melalui Ketua Umum Erick Thohir menyampaikan bahwa pihaknya akan melayangkan protes terhadap AFC. Hal itu disampaikan Erick melalui akun media sosialnya beberapa saat usai pertandingan Indonesia vs Qatar usai.

Baca Juga:  Respons Venezia usai Jay Idzes Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia

Dari Exco hingga Pelatih, Ramai-ramai Soroti Kecurangan Laga Indonesia vs Qatar
Witan Sulaeman membayangi lawannya (sumber: IG @afcasiancup)

“Ini bukan akhir, kita main tadi sesuai dengan hati kita. PSSI akan layangkan surat protes, kartu merah Ivar, mestinya engga kartu merah, kita protes,” ujar Erick Thohir dilansir dari unggahan akun Instagram pribadinya.

“Tadi kalian main bersembilan fight, sebelas harus bisa fight. Dan kalian lihat seluruh rakyat Indonesia itu melihat, netizen sosial media semua bersama kita,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Tidak cuma Erick saja, namun beberapa stekholder sepakbola tanah air seperti anggota Exco, pemain, pelatih, hingga stafnya turut bersuara terkait pertandingan Indonesia vs Qatar itu. Apa kata mereka?

1. Arya Sinulingga

“Berikan trofi Piala Asia U-23 secara gratis kepada Qatar U-23,” tulis Arya di akun media instagramnya.

2. Justin Hubner

“VAR [emoji gelak tawa]. Bagaimana bisa Anda memberikan penalti?” tulis bek tengah Cerezo Osaka itu di insta story-nya.

Baca Juga:  STY Panggil 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia Juni Mendatang

3. Shayne Pattynama

“Indonesia melawan wasit,” cuit sang pemain.

4. Jeong Seok-seo (asisten STY)

“Sudah diduga dari awal naik bus menuju ke stadion,” tulis pria yang disapa Jeje itu.

“8 menit juga gak sampai-sampai ke stadion dari hotel, tapi dibawa berputar dulu baru sampai ke stadion sampai kena waktu lebih dari 15 menit. Taktik yang bagus Qatar,” tutup penerjemah Shin Tae-yong itu.

5. Shin Tae-yong

Adapun Shin Tae-yong, sang pelatih menyebut pertandingan Indonesia vs Qatar bagaikan sebuah komedi.

“Para pemain sudah berusaha melakukan yang terbaik. Tetapi banyak keputusan wasit di sepanjang pertandingan, kalau kalian melihatnya, itu bukan [untuk] pertandingan sepakbola, [tapi] itu sebuah pertunjukan komedi. Mereka memang tuan rumah, tapi itu sangat berlebihan,” kata Shin dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

“Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang pemain yang dikeluarkan, saya kehabisan kata-kata. Sepakbola tidak seharusnya dimainkan seperti ini,” lanjutnya.

“Saya sungguh tidak mengerti. Kami di sini untuk bertanding, [tapi] pelajaran apa yang diberikan AFC? Saya tidak mengerti. Sepanjang 50 tahun hidup saya, saya hanya terlibat di sepakbola,” pungkas sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *