Timnas Indonesia

Update Rangking FIFA Tim ASEAN: Indonesia Naik Dua Strip, Thailand Diam di Tempat!



NOBARTV NEWS – Rangking FIFA kembali di-update pada Kamis 26 Oktober kemarin. Dalam daftar peringkat terbaru itu, berhasil naik dua strip sedangkan negara Asia Tenggara seperti Thailand justru diam di tempat.

Seperti yang diketahui, secara berkala, FIFA selalu melakukan update terkait peringkat negara-negara yang masuk dalam konfederasinya. Sebelum update terbaru pada 26 Oktober kemarin, FIFA terakhir kali melakukan pembaharuan adalah pada 21 September 2023. Berarti, dalam kurun waktu satu bulan lebih beberapa hari, FIFA kembali memperbaharui peringkat anggotanya.

Pembaharuan yang dilakukan FIFA ini tak lepas dari kalender FIFA Matchday yang terjadi pada bulan Oktober ini. Diketahui, pada bulan Oktober, seluruh kompetisi sepakbola domestik berhenti untuk sementara waktu untuk menyambut kalender FIFA Matchday. Khusus untuk Timnas Indonesia, pada bulan Oktober ini, mereka memainkan 2026. Selain Indonesia, beberapa negara Asia Tenggara juga tampil di babak kualifikasi tersebut.

Sedangkan negara seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, hingga Thailand tidak. Karena keempat negara ini sudah dipastikan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, maka bulan Oktober ini dimanfaatkan oleh mereka dengan melakukan .

Laga persahabatan dengan laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini sama-sama dihitung poin. Dengan demikian, hasil imbang, menang, atau menderita kekalahan akan mempengaruhi peringkat mereka di rangking FIFA. Hal itu pula yang membuat peringkat mereka ada yang naik, turun, atau diam di tempat pada update rangking FIFA terbaru ini.

Update Rangking FIFA Tim ASEAN: Indonesia Naik Dua Strip, Thailand Diam di Tempat!
Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Untuk Timnas Indonesia, dua kemenangan atas Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin membuat skuad Garuda naik dua strip. Sebelum laga, Indonesia berada di peringkat 147 dunia. Namun berkat kemenangan tersebut, kini, skuad Garuda bertengger di posisi 145 FIFA.

Selain Indonesia, tiga negara Asia Tenggara lainnya juga mengalami kenaikan peringkat. Tiga negara tersebut adalah Timnas Vietnam, Singapura, dan Myanmar. Singapura mengalami kenaikan peringkat sebab mereka berhasil mengalahkan Guam dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal yang sama juga berlaku untuk Timnas Myanmar yang sukses membungkam Macau.

Sementara itu, untuk Timnas Thailand, negara berjuluk Gajah Perang itu diam di tempat. Posisi mereka di peringkat 112 tak beranjak. Pasalnya, dalam dua laga persahabatan pada bulan Oktober ini, Thailand tak pernah meraih kemenangan. Seusai dibantai Georgia 8-0, anak asuh Mano Pölking itu bermain imbang 1-1 dengan Estonia. Akibatnya, posisi mereka tak beranjak maupun turun dalam update rangking FIFA terbaru.

Selain Thailand, tiga negara Asia Tenggara lainnya seperti Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste juga diam di tempat alias tidak mengalami kenaikan atau penurunan peringkat. Berikut update rangking FIFA terbaru tim ASEAN 26 Oktober 2023:

94.Vietnam (+1)

112. Thailand (0)

137. Malaysia (-3)

138. Filipina (-6)

145. Indonesia (+2)

155. Singapura (+2)

158. Myanmar (+3)

178. Kamboja (-1)

188. Laos (0)

191. Brunei Darussalam (0)

197. Timor Leste (0)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid