Timnas Indonesia

Hasil Drawing Piala Asia U-20 2023: Garuda Muda di Grup A bersama Tuan Rumah Uzbekistan, Irak & Suriah!



NOBARTV NEWS – Drawing Piala Asia U-20 2023 telah selesai dilakukan. U-20 tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Drawing ini dilakukan pada hari ini, Rabu 26 Oktober 2022 bertempat di Tashkent, Uzbekistan.

Piala Asia U-20 2023 dihelat beberapa waktu sebelum 2023. Tampil di dua event tersebut, Timnas Indonesia diharapkan bisa memetik pelajaran dari keikutsertaannya di Piala Asia U-20 2023. Di edisi sebelumnya (Piala Asia U-20 2018) ketika menjadi tuan rumah, Timnas Indonesia U-20 tersingkir di babak delapan besar atas Timnas Jepang. Saat itu, Garuda muda takluk atas sang lawan dengan skor 2-0.

Direncanakan, Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung sejak 1-18 Maret 2023. Even ini diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari 10 juara grup di babak kualifikasi, 5 runner-up terbaik, serta sang tuan rumah. Indonesia sendiri menjadi satu dari dua wakil asal Asia Tenggara selain Timnas Vietnam.

Timnas Vietnam U-20 sendiri tergabung di grup B bersama Timnas Qatar, Australia, dan Iran. Adapun di pembagian pot kemarin, Timnas Indonesia U-20 tergabung di pot 2 sedangkan Vietnam di pot 3.

Untuk diketahui pula, Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20 tergabung di grup yang sama di Kualifikasi Piala Asia U-20 kemarin. Kedua tim asal Asia Tenggara ini berada di grup F bersama Timnas Timor-Leste U-20 dan Hongkong U-20.

Kabar baiknya, Marselino Ferdinan dkk menyapu bersih seluruh laga di babak grup tersebut dengan kemenangan. Masing-masing Timnas Indonesia menang atas Timor Leste (4-0), kemudian Hongkong (5-1), dan terakhir Vietnam (3-2). Seluruh laga di babak grup tersebut dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Timnas Indonesia U-20 kemudian lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan statusnya sebagai juara grup sedangkan Vietnam menjadi satu dari lima runner-up terbaik. Timor Leste dan Hongkong gagal melangkah lebih jauh karena menempati posisi 3 dan 4.

Berikut hasil lengkap drawing pembagian grup Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan:

Grup A

Uzbekistan

Indonesia

Irak

Suriah

Grup B

Qatar

Australia

Vietnam

Iran

Grup C

Korea Selatan

Tajikistan

Yordania

Oman

Grup D

Arab Saudi

Jepang

China

Kirgistan

Setiap juara dan runner-up di masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar. Dan semoga di tahun ini, Timnas Indonesia bisa melangkah lebih jauh ke fase berikutnya. Di edisi 2018 lalu, Timnas Indonesia hanya mencapai babak delapan besar. Dan di edisi itu pula, Timnas Arab Saudi keluar sebagai pemenang usai menaklukkan Timnas Korea Selatan 2-1 di partai final.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid