Timnas Indonesia

STY Kecewa dengan Klub Sandy Walsh dan Elkan Baggott: Mereka Anggap Indonesia Enteng!



NOBARTV NEWS – Elkan Baggott dan Sandy Walsh dipastikan gagal memperkuat di 2022. Hal ini membuat Shin Tae-yong kesal bukan main. Usaha yang ia lakukan sebelumnya ketika berkunjung ke Inggris dan Belgia adalah hal sia-sia.

Diketahui, beberapa waktu lalu, sebelum dimulainya pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali, Shin Tae-yong melakukan perjalanan ke Inggris dan Belgia. Ia ditemani oleh salah satu asistennya untuk melakukan lobi kepada klub Elkan Baggott (Gillingham FC) dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Lobi tersebut dimaksudkan agar kedua klub Eropa itu memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Setelah melakukan pertemuan dengan manajemen klub, STY kembali ke Indonesia.

Kembalinya sang pelatih diiringi dengan pengumuman nama-nama pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan per 28 November 2022. Dalam daftar tersebut, nama Sandy nama dan Elkan Baggott dimasukkan oleh Shin Tae-yong.

Di sela-sela pemusatan latihan, berbagai rumor menyeruak. Salah satu rumor tersebut dipanaskan oleh media asal Inggris Kent Online.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Media tersebut mengatakan bahwa Baggott diperbolehkan pulang ke Indonesia jika skuad asuhan Shin Tae-yong itu lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. Berarti, Baggott akan pulang pada tahun depan.

Dalam pemusatan latihan itu pula hadir Sandy Walsh di tengah-tengah skuad Garuda Indonesia lainnya. Sang pemain mendapatkan kesempatan untuk bergabung pertama kalinya dalam pemusatan latihan setelah resmi menjadi WNI.

Namun di tengah-tengah jalan, beberapa hari sebelum laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 itu, STY menerima kabar buruk.

Pelatih Gillingham mengatakan bahwa Elkan Baggott tidak akan membela Timnas Indonesia karena ia memiliki jadwal padat bersama klubnya. Tidak hanya Elkan, Sandy Walsh tiba-tiba kembali ke klubnya dan dipastikan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia dengan alasan yang sama.

Pada akhirnya, STY pun kecewa dan mencoret kedua nama itu. Alhasil, dari 23 pemain yang kini didaftarkan masuk ke skuad final Timnas Indonesia, hanya 6 pemain abroad yang akhirnya dimasukkan. Mereka adalah Jordi Amat, Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Beberapa saat setelah itu, ketika skuad Garuda Indonesia sudah berada di Jakarta, Shin Tae-yong buka suara untuk pertama kali setelah mencoret dua nama tadi.

“Memang selama TC U-19 di Eropa, saya memang langsung datang ke klubnya Sandy dan Elkan. Saat rapat waktu itu positif, memang walaupun tidak diberikan kepastian,” kata Shin Tae-yong.

“Kalau yang saya minta Elkan bisa gabung, saya minta Elkan gabung ke timnas setelah babak penyisihan, dan setelah itu Sandy juga setelah tanggal 23 selesai biar bisa ikut pertandingan melawan Brunei Darussalam,” tambahnya.

Nah, hal yang bikin STY kesal adalah tak ada kepastian yang diberikan oleh kedua klub itu. Ketika Shin berkunjung pun mereka tidak menegaskan boleh tidaknya pemainnya meninggalkan klub untuk membela Timnas Indonesia.

“Tetapi sepertinya saya melihat tim mereka memang anggap Indonesia enteng atau ringan atau apapun, harusnya mencari win-win solusion sama-sama, tapi itu yang tidak diberikan jawaban yang baik, jadi sangat disayangkan,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

67 Comments