Timnas Indonesia

STY Minta Pengertian, Berharap Ada Penonton di Laga Kandang Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sebagai pelatih, Shin Tae-yong sadar betul bagaimana efek yang bisa ditimbulkan oleh kehadiran suporter dalam sebuah pertandingan. Ia pun meminta agar suporter diperbolehkan hadir ketika bermain kandang di 2022.

Diketahui, sejak Tragedi Kanjuruhan beberapa bulan lalu, tak satupun pertandingan sepak bola di Indonesia yang boleh dihadiri oleh penonton. Ketika Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kemarin, permainan Arkhan Kaka dkk tak pernah dihadiri oleh penonton.

Begitupun dengan lanjutan musim 2022-2023. Atas kesepakatan bersama antara PT LIB, PSSI, pemerintah RI, dan pihak kepolisian, diputuskan bahwa seluruh laga paruh musim BRI Liga 1 tanpa kehadiran penonton.

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sebab sebagaimana diketahui, Marc Klok dkk dijadwalkan akan menjamu Timnas Thailand dan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun sampai saat ini, belum dipastikan apakah laga tersebut bisa dihadiri oleh penonton atau tidak.

Baca Juga:  Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Yordania Grup A Piala Asia U23 2024

Umumnya, masyarakat Indonesia tentu lebih memilih laga tersebut bisa dihadiri oleh penonton. Bahkan tidak hanya suporter saja, PSSI, pelatih, hingga pemain berharap demikian.

Bahkan kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, pihaknya telah meminta izin kepada Polsek, dilanjutkan ke Polres guna meminta persetujuan agar laga kandang Timnas Indonesia bisa disaksikan langsung oleh suporternya.

Dalam keterangan terbarunya, STY juga amat berharap (penonton hadir di stadion). Di sela-sela pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali, eks pelatih Seongnam Ilhwa itu mencurahkan keinginannya lewat wawancara yang diunggah oleh kanal youtube PSSI.

“Kita bisa menjadi tim yang lebih kuat jika transisi lebih cepat. Dari transisi positif dan negatif masih pelan,” jelas Shin Tae-yong.

“Tapi itu saja yang harus diperbaiki. Pasti kita akan menjadi tim yang lebih baik,” ujarnya menambahkan.

“Saya memang mendengar ada kabar-kabar tidak baik bahwa belum ada izin untuk penonton bisa masuk atau tidaknya itu.”

Baca Juga:  Ivar Jenner Kembali, Berikut Prediksi Line-Up Indonesia vs Yordania

“Tetapi ini bukan pertandingan liga, ini pertandingan internasional,” bela Shin Tae-yong.

Meski demikian, Shin juga memaklumi kebimbangan pihak kepolisian itu sendiri.

“Jadi memang dengan adanya Tragedi Kanjuruhan memang dari pihak polisi pun pasti kesulitan untuk ambil keputusan.”

Lebih lanjut, STY memohon agar laga (kandang) itu bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat Indonesia. Ia juga mengatakan kehadiran penonton akan membuat ia dan skuadnya lebih semangat ketika bertanding.

“Tetapi saya mohon pengertiannya karena ini pertandingan internasional bukan pertandingan liga. Dengan adanya penonton, pasti saya dan pemain akan lebih semangat lagi.”

“Dengan memberikan izin dari pihak kepolisan untuk penonton bisa masuk pasti saya turut senang dan berharap mendapatkan izin itu. Agar dari pihak kita (Timnas) juga bisa memberikan hasil yang terbaik bagi masyarakat,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments