Timnas Indonesia

Manajer Timnas Indonesia Jelang Hadapi Thailand: Jangan Kalah sebelum Bertanding!



NOBARTV NEWS – Timnas Thailand akan menjadi lawan terberat Indonesia selama menjalani fase grup 2022. Oleh sebab itu, manajer telah berpesan sedini mungkin kepada Marc Klok dkk sebelum pertandingan itu dimulai.

Esok, Kamis 29 Desember 2022, skuad Garuda akan menjamu Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga ini merupakan kali pertama kedua tim ini bertemu pasca Piala AFF 2020.

Saat itu, Timnas Indonesia menelan pil pahit usai ditumbangkan Thailand dengan cara yang paling menyakitkan. Tampil baik sepanjang fase grup – bahkan membantai Singapura di babak semifinal, Egy MV dkk justru dihantam dengan skor yang amat besar di leg pertama babak final.

Empat gol tanpa balas dilesakkan Teerasil Dangda cs ke gawang Nadeo Argawinata. Skor tersebut amat besar dan sulit untuk dikejar – meski pertandingan masih menyisakan 90 menit lain di leg kedua. Alhasil, meski sempat membuat kejutan dengan dua gol ke gawang Thailand di leg kedua tersebut, namun anak asuh Mano Polking tak cepat puas. Tim Gajah Perang juga mencetak 2 gol sehingga skor agregat 6-2 bertahan hingga pertandingan usai. Thailand pun merengkuh gelar keenamnya sepanjang sejarah Piala AFF – dan Indonesia harus menerima kegagalannya berulang kali.

Atas dasar itu, laga antara Timnas Indonesia vs Thailand besok dipastikan berjalan seru dan sengit. Di balik pertandingan yang memainkan waktu selama 2 x 45 menit, terselip gengsi dan misi yang jauh lebih tinggi.

Timnas Indonesia ‘gengsi' jika di rumah sendiri kalah dari Thailand. Selain itu, Marc Klok dkk juga membawa ‘misi' balas dendam kepada Theerathon Bunmathan dkk.

Namun satu hal yang perlu disadari. Meski bermain sebagai tuan rumah dan mendapatkan banyak dukungan dari penonton, Thailand tetaplah Thailand. Artinya, mereka adalah tim yang kuat dan tak goyah untuk bermain di manapun. Mental, skill, serta fisik mereka sudah teruji secara baik. Jadi, meski Indonesia kebagian sebagai tuan rumah, namun Thailand tidak akan mudah menyerah di hadapan anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika skuad Garuda yang justru lebih was-was ketika menjamu tim terbaik di sepanjang sejarah perhelatan Piala AFF ini.

Atas dasar itu, karena sadar dengan potensi dan nama besar Thailand yang bisa membuat skuad Garuda was-was, sang manajer Endri Erawan pun berpesan kepada Marc Klok dkk. Pria yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI itu meminta skuad Garuda untuk tetap fokus, tegar, dan optimis. Endri menekankan bahwa mereka tidak boleh kalah sebelum bertanding. Jangan sampai gugup dengan nama besar yang dimiliki Thailand. Karena secara peringkat (FIFA rangking), Timnas Indonesia memang jauh di bawah mereka.

“Saya pikir harus tetap fokus. Jangan sampai gugup saat lawan Thailand walaupun dia adalah tim tangguh dan musuh bebuyutan Indonesia. Jangan kalah sebelum tanding,” katanya.

“Di belakang tim ada pelatih terbaik yang bisa memotivasi dan memberi semangat. Kita anggap Thailand sama. Jangan takut, harus berani,” tutupnya kemudian.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments

  1. Benar banget apa yang dikatakan manajer Timnas Indonesia, tapi masalah kita itu biasanya mental,mental pemain Indonesia down duluan kalau lawan tim yang sepadan dan lebih diatas, jadi karena down itulah maka biasanya permainan jadi kacau,GK fokus, sering salah umpan,buru² mau cepat kedepan biasanya kalau mainnya udah down, dan gk jelas pasti ujung-ujungnya umpan jauh/lambung langsung kedepan .
    Semoga saja masalah itu bisa teratasi dipertandingkan nanti sore !