Liga Europa

Hasil Pertandingan Leg 1 Babak Perempat Final Liga Eropa 2021/2022, Jumat Dini Hari



SC Braga berhasil meraih hasil sempurna
SC Braga berhasil meraih hasil sempurna

NOBARTV NEWS – Liga Eropa (UEL) 2021/22 telah merampungkan empat laga leg pertama putaran 8 besar pada Jumat (7/4/2022) dini hari WIB, adapun hanya SC Braga yang meraih hasil sempurna kala melakoni laga kandang kontra Rangers dengan skor tipis 1-0, sementara itu tiga partai lainnya berakhir imbang dengan skor yang sama 1-1.

Gelaran UEL dini hari tadi menyajikan empat laga diantaranya, Leipzig vs Atalanta, Frankfurt vs Barcelona, Braga vs Rangers dan West Ham vs Lyon. Untuk detail jalannya pertandingan akan kami rangkum dalam kilasan berita berikut ini.

Leipzig vs Atalanta

Laga antara RB Leipzig kontra Atalanta berakhir imbang 1-1 di leg pertama perempatfinal , pertandingan kedua tim berlangsung di Red Bull Arena (markas Leipzig )pada Jumat (8/4/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah Leipzig membuka peluang pada menit ke-7. Sepakan jarak jauh Christopher Nkunku mengarah tepat ke gawang Atalanta, tetapi bisa ditepis kiper Juan Musso.

Ditekan lebih dulu, Atalanta justru unggul terlebih dahulu pada menit ke-17. Luis Muriel menusuk ke dalam dari sisi kiri kotak penalti, melewati dua pemain Leipzig sebelum melepaskan tembakan yang menjebol sudut kanan gawang Peter Gulacsi. Skor menjadi 1-0.

Atalanta hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Muriel berlari menggiring bola masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan, tetapi kali ini melenceng di samping gawang Leipzig.

Leipzig merespons dengan meningkatkan intensitas serangan. Serangan balik cepat di menit ke-24 hampir berbuah gol, sayangnya tembakan Silva masih membentur tiang.

Atalanta terus mencoba menekan agar Leipzig sulit membangun serangan. Menit ke-45 giliran tembakan Pasalic yang membentur tiang. Tidak ada gol tambahan di babak pertama. Alhasil skor 0-1 bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Leipzig tampak bermain jauh lebih baik. Mereka mulai menemukan celah untuk lolos dari tekanan Atalanta.

Menit ke-57, Leipzig mendapatkan hadiah penalti usai Nkunku dijatuhkan Demiral. Silva maju sebagai algojo, namun sayang tembakannya terlalu mudah bagi penjaga gawang Atalanta, Musso. Barulah semenit kemudian, Leipzig langsung menebus kegagalan penalti itu. Umpan silang Angelino dari sisi kiri, Orban menaklukkan Zappacosta dan Musso, skor berubah 1-1.

Upaya Leipzig lagi-lagi membentur tiang. Alanta juga mencoba, tapi tidak ada gol tambahan hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil ini membuat langkah kedua tim ke fase selanjutnya masih sama kuat, namun Atalanta lebih di untungkan mengingat di leg kedua nanti mereka bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  Prediksi Marseille vs Atalanta Jumat 3 Mei 2024, Semifinal Liga Europa

Eintracht Frankfurt vs Barcelona

Di pertandingan lainnya Eintracht Frankfurt menjamu wakil Spanyol Barcelona dalam partai leg pertama perempat final Liga Europa 2021/22 yang dihelat di Deutsche Bank Park, Jumat (8/4/2022) dini hari WIB, kedua tim harus berbagi angka imbang 1-1 hingga akhir laga.

Laga sudah berjalan sengit sejak awal babak pertama. Sayang, peluang yang didapat Torres dan Djibril Sow masih belum mampu menghasilkan gol bagi masing-masing tim. Menit ke-23, Gerard Pique tak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami cedera. Bek gaek Barcelona itu pun terpaksa ditarik keluar dan digantikan Clement Lenglet.

Tuan rumah sempat mendapat hadiah penalti pada menit ke-37 usai Sergio Busquets dianggap melanggar Rafael Borre. Namun, wasit menganulir keputusannya usai meninjau VAR. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua Frankfurt menunjukan dominasinya dengan baik. Tepat di menit ke-48, mereka berhasil membuka skor untuk mengungguli Barcelona 1-0. Berawal dari sepak pojok di sayap kanan, Eric Garcia menyundul bola ke luar kotak penalti. Ansgar Knauff sekali mengontrol bola lalu melepaskan tembakan voli ke sudut atas gawang Ter Stegen.

Kebobolan satu gol, Barcelona mencoba bangkit. Hasilnya selang 18 menit kemudian, gol balasan Barcelona akhirnya tercipta. Ferran Torres mengubah skor menjadi 1-1. Kombinasi satu-dua yang luar biasa antara Torres dan Frenkie de Jong berhasil dituntaskan Torres menjadi gol.

Menit ke-78, tuan rumah harus bermain dengan 10 orang usai Tuta mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Pedri. Sayang, Barca tak bisa memanfaatkan momen ini untuk mencetak gol kemenangan. Hingga peluit panjang di bunyikan skor 1-1 tetap bertahan.

Hasil tersebut membuat peluang kedua tim maju ke fase selanjutnya masih terbuka, namun Barcelona lebih diuntungkan mengingat leg kedua mereka akan bermain di laga kandang.

SC Braga vs Rangers

SC Braga sukses memetik kemenangan kala bermain di kandangnya, Estádio Municipal de Braga, saat menjamu Rangers dalam babak 8 besar ajang Liga Eropa pada Jumat (8/04/2022). Mereka menang atas Rangers dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Estádio Municipal de Braga, pertandingan kedua tim berlangsung sengit, saling jual beli serangan tersaji di paruh pertama, tuan rumah akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit 40' melalui pemain mereka Abel Ruiz.

Baca Juga:  Prediksi AS Roma vs Leverkusen Jumat 3 Mei 2024, Semifinal Liga Europa

Hingga babak pertama usai ada beberapa peluang yang tercipta, namun tak ada satupun yang berhasil di konversi menjadi gol, skor 1-0 tak berubah.

Memasuki paruh kedua, baik Braga maupun Rangers bermian lebih hati-hati. Di laga ini, SC Braga tampil lebih dominan. Mereka mencetak penguasaan bola hingga 47% dan mampu melepaskan 6 tembakan, 4 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara, Rangers tampil cukup tertekan karena cuma mencetak penguasaan bola 53%.

Namun hingga peluit panjang berbunyi tak ada lagi gol tercipta, keduduk 1-0 menjadi hasi akhir laga, dengan hasil tersebut Braga kini unggul agregat 1-0 dengan leg kedua akan digelar di markas Rangers pekan depan.

West Ham United vs Lyon

West Ham United harus puas berbagi hasil imbang 1-1 kala menjamu wakil Prancis Olympique Lyon dalam gelaran leg pertama babak perempat final Liga Europa 2021/2022, pertandingan kedua tim berlansung di London Stadium, Jumat (8/4/2022) dini hari WIB.

Tampil sebagai tuan rumah West Ham tampil cukup baik. Namun, mereka kesulitan untuk menembus area pertahanan Lyon, alhasil serangan balik dan spekulasi tendangan jarak jauh menjadi pilihan skuad The Hammers. Minimnya kreativitas membuat tim besutan David Moyes sulit untuk memecah kebuntuan.

Sementara itu, Lyon perlahan mulai berhasil menguasai pertandingan. Mereka menebar ancaman secara masif untuk mencuri gol di laga tandang. Namun, serangan yang dibangun tak berjalan efektif. Alhasil, skor 0-0 tetap bertahan hingga tambahan waktu paruh pertama. Namun jelang laga berakhir West Ham bermain dengan 10 pemain, pasalnya Aaron Cresswell diganjar kartu merah menit ke-45+3.

Meski bermain dengan 10 orang, West Ham memulai babak kedua sedikit lebih baik. Organisasi bolanya terlihat lebih meyakinkan dalam membangun serangan. Kebuntuan pun akhirnya bisa dipecahkan. Jarrod Bowen membawa The Hammers unggul 1-0 pada menit ke-52 usai aksinya tak mampu dihentikan kiper lawan.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama. Lyon mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat aksi Tanguy Ndombele pada menit ke-66. Tidak ada gol tambahan hingga peluit tanda selesainya pertandingan berbunyi meski mendapat tambahan waktu delapan menit. West Ham sukses mengakhiri laga dengan skor 1-1 meski hanya bermain dengan 10 penggawa di babak kedua.

Hasil tersbut membuat peluang kedua tim masih sama kuat, namun Lyon lebih di unggulkan mengingat pertandingan leg kedua akan berlangsung di kandang Lyon.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola