Timnas Indonesia

Indra Sjafri: Game Pertama Sangat Penting bagi Kita!



NOBARTV NEWS akan memulai partai SEA Games 2023 pada esok sore 29 April 2023. Dijadwalkan, skuad Garuda akan melawan skuad The Azkals. Bagi sang pelatih Indra Sjafri, game pertama esok merupakan laga penting bagi tim yang diasuhnya itu.

Seperti yang diketahui, selain bakal bertemu dengan Timnas Filipina, skuad asuhan Indra Sjafri itu juga akan melawan tiga tim lainnya selama menjalani fase grup SEA Games 2023. Tiga tim lainnya adalah Timnas Myanmar U-22, Timnas Timor Leste U-22, dan terakhir Timnas Kamboja U-22.

Di edisi terakhir yang diikutinya, skuad Garuda hanya mampu bertengger di peringkat tiga posisi akhir SEA Games 2021. Kala itu, Timnas Indonesia sukses melaju ke babak semifinal meksipun sempat dipermalukan di laga perdana grup A melawan Timnas Vietnam. Di laga pertamanya itu, Marc Klok dkk dikalahkan skuad The Golden Stars Warriors dengan skor telak 3-0.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun beruntungnya, di laga kedua hingga akhir fase grup, anak asuh Shin Tae-yong (pelatih SEA Games 2021) itu berhasil mengalahkan lawan-lawannya sehingga membuatnya melaju ke babak semifinal. Sayangnya, di babak semifinal, lewat babak extra time 2×15 menit, Timnas Indonesia dikalahkan Timnas Thailand 1-0.

Kekalahan atas Thailand membuat skuad Garuda gagal lolos ke semifinal. Namun demikian, mereka berhasil membayar kekalahan tersebut dengan mengalahkan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga. Alhasil, skuad Timnas Indonesia membawa pulang medali perak.

Hasil buruk di laga perdana pada edisi SEA Games sebelumnya (2021) tentu tak ingin dirasakan oleh skuad Garuda lagi. Oleh sebab itu, sang pelatih Indra Sjafri berharap agar skuad Timnas Indonesia mampu untuk meraih hasil maksimal di pertandingan esok sore.

Di laga perdananya pada SEA Games tahun ini, Rizky Ridho dkk sudah dinanti oleh anak asuh Rob Gier itu. Secara statistik, dalam tiga pertemuan terakhir Indonesia dengan Filipina di ajang SEA Games, skuad Garuda jauh lebih diunggulkan. Sejak SEA Games edisi 2015, 2107, dan terakhir 2021 kemarin, Timnas Indonesia selalu menang atas Filipina.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Ya kami sudah mulai mencari komposisi terbaik lawan Filipina siapa saja pemain yang kira-kira paling cocok kita mainkan di game pertama kita,” ujar pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri.

Bagi Indra Sjafri, laga perdana merupakan game paling penting bagi timnya. Menurutnya, laga pertama adalah modal awal untuk meraih kesuksesan di laga-laga berikutnya.

“Game pertama tentu menjadi game yang sangat penting bagi kita. Dan di setiap turnamen, pertandingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment