Timnas Indonesia

Emil Audero Follow IG Ketum PSSI, Tanda Pengen Dinaturalisasi?

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pemain keturunan Emil Audero terpantau mem-follow akun media sosial (instagram) Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Apakah hal tersebut menandakan kalau dirinya tertarik untuk membela ?

Seperti yang diketahui, Emil merupakan satu dari beberapa pemain yang awalnya diproyeksikan tampil untuk membela Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung tertarik dengannya begitu mengamati penampilan pemain keturunan tersebut.

Namun sayangnya, saat itu pihak Emil Audero belum mengiyakan keinginan PSSI. Kiper milik klub Serie-A Sampdoria itu belum menunjukkan ketertarikannya untuk bergabung dengan skuad Garuda. Emil disebut-sebut masih mengincar posisi penjaga gawang di Timnas Italia.

Oleh sebab itulah, PSSI akhirnya hanya menaturalisasi tiga pemain saja. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Proses naturalisasi saat itu dimulai ketika PSSI masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Namun menariknya, ketika PSSI sudah berganti kepemimpinan, sang pemain diketahui mem-follow media sosial sang Ketua Umum baru yaitu Erick Thohir. Desas-desus pun tersebar – dan beberapa orang menyebut kalau Emil luluh dan ingin membela tanah kelahiran ayahnya (Lombok, Indonesia). Terlebih, untuk bermain di Timnas Italia, ia memiliki pesaing yang tak kalah baiknya. Sepanjang karirnya, ia baru dipanggil ke Timnas Italia di kelompok umur tanpa pernah dipanggil ke tim senior.

Dan ternyata, terkait follow-an tersebut, sang Ketua Umum diketahui memfollow balik kiper yang saat ini dikaitkan dengan klub papan atas Italia lainnya Lazio.

Isu akan dinaturalisasinya Emil ini semakin kuat setelah PSSI disebut-sebut sedang mengincar pemain keturunan grade A untuk dinaturalisasi. Jika grade A yang dimaksud, maka untuk posisi kiper jelas Emil Audero jawabannya. Sebab selain Emil, terdapat satu pemain keturunan lainnya yang juga memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia. Adalah Cyrus Margono, penjaga gawang milik Panathinaikos B itu diketahui memiliki kewarganegaraan ganda – yang salah satunya adalah Indonesia. Tanpa perlu dinaturalisasi, Cyrus hanya perlu memantapkan diri untuk memilih kewarganegaraan Indonesia untuk resmi menjadi WNI.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Komentar Ernando Ari Soal Pemain Naturalisasi

Isu akan dilakukannya pemain naturalisasi di skuad Garuda memantik komentar dari kiper Timnas Indonesia Ernando Ari. Kiper yang saat ini bermain di Persebaya Surabaya ini mengaku santai. Sebab kalaupun PSSI benar-benar melakukan naturalisasi, maka hal itu akan menumbuhkan persaingan sehat dan performa baik pada dirinya sendiri.

“Santai ya. Itu bisa menumbuhkan persaingan yang sehat dan juga meningkatkan performance saya sendiri di timnas maupun di tim mana saja saya berada,” ungkap Ernando Ari.

“Semoga (naturalisasi kiper) ini bisa membawa Indonesia semakin maju,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid