Timnas Indonesia

Persiapan Piala Dunia U-17, Bima Sakti Pimpin TC Timnas U-17 Bulan Ini



NOBARTV NEWS – Bima Sakti sudah mulai tancap gas untuk mempersiapkan timnya jelang berlaga di even 2023. Rencananya, skuad Garuda Asia akan melakukan pemusatan latihan pertamanya pada bulan Juli ini.

Seperti yang diketahui, akan kembali berpartisipasi dalam salah satu even penting bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya, pada tahun ini saja, dua kelompok umur lainnya baru saja turun di ajang sepakbola internasional. Skuad Timnas Indonesia U-20 mentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sedangkan skuad Timnas Indonesia U-22 tampil di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Di ajang Piala Asia U-20 tersebut, anak asuh Shin Tae-yong hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A. Alhasil, mereka gagal melangkah ke babak perempatfinal. Adapun Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta dkk sukses menjuarai even SEA Games 2023. Setelah 32 tahun lamanya, Indonesia di bawah nahkoda Indra Sjafri akhirnya membawa medali emas SEA Games tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun untuk Piala Dunia U-17 ini, Indonesia sejatinya tidak akan berpartisipasi. Pasalnya, anak asuh Bima Sakti itu tak lolos ke Piala Asia U-17 yang di mana merupakan langkah utama untuk lolos ke Piala Dunia U-17 tersebut. Jadi, semi-finalis Piala Asia U-17 secara otomatis lolos ke Piala Dunia U-17. Dan di Piala Asia U-17 ini, empat tim yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-17 adalah Timnas Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Uzbekistan.

Namun Indonesia, karena ditunjuk sebagai tuan rumah, maka anak asuh Bima Sakti itu dipastikan lolos tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu. Bahkan, di drawing Piala Dunia U-17 nanti, skuad Garuda Asia dipastikan berada di pot 1 bersama tim-tim unggulan seperti Timnas Brasil, Prancis, Meksiko, hingga Spanyol.

Saat ini, berbagai persiapan sudah direncanakan oleh PSSI untuk Timnas Indonesia U-17. Salah duanya adalah dengan mendatangkan beberapa pemain diaspora untuk mengikuti seleksi bersama skuad Timnas U-17. Selain itu, Bima juga akan dibantu oleh Shin Tae-yong dan Indra Sjafri untuk melakukan seleksi pemain Timnas U-17 yang akan dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Tak hanya dua hal di atas, Bima Sakti selaku pelatih disebut akan segera melakukan pemusatan latihan dalam waktu dekat. Di bulan Juli ini, Bima berencana untuk melakukan pemusatan latihan tahap pertama guna mempersiapkan Timnas Indonesia U-17. Jadi, sebelum TC di Eropa yang juga direncanakan akan dilakukan oleh mereka, Bima terlebih dahulu ingin melakukan TC di dalam negeri.

“Di Juli ini harus ada TC karena terakhir kumpul setelah kemarin acara BRI yang sama legenda (Marco Materazzi, Roberto carlos, Eric Abdial) itu. Itu juga bagian dari kami melihat kondisi pemain,” kata Bima Sakti.

“Rencana TC ada Juli ini, lalu break sekitar tiga mingguan. Agustus juga ada TC, kemudian ada TC di luar negeri September-Oktober,” pungkas asisten Indra Sjafri di SEA Games 2023 tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment