Intermezzo

Mengenal Ataa Jaber, Eks Pemain Israel yang Kini Bela Timnas Palestina



NOBARTV NEWS – Dalam rombongan skuad Palestina yang sudah tiba di Indonesia, terdapat salah satu pemain bernama Ataa Jaber. Diketahui, sebelum membela Timnas Palestina, dulunya Ataa merupakan pemain untuk Timnas Israel di kelompok umur.

Sebagaimana diketahui, dalam FIFA Matchday bulan Juni ini, tim asal timur tengah yakni Timnas Palestina akan memainkan dua laga penting. Dalam dua laga tersebut, Palestina selalu menjadi tim tamu. Pertama, mereka akan bertandang ke Indonesia untuk melawan tuan rumah skuad Garuda di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Kedua, mereka akan kembali bermain di Dalian Suoyuwan Football Stadium guna berhadapan dengan Timnas China.

Laga melawan Timnas Palestina di Stadion GBT tersebut akan dimainkan pada 14 Juni mendatang. Skuad Palestina juga sudah berada di Surabaya untuk mempersiapkan diri jelang laga perdananya di FIFA Matchday Juni 2023 itu. Skuad Palestina tiba dengan beranggotakan 23 pemain. Ke-23 pemain tersebut juga akan dibawa ke China nanti.

Menariknya, salah satu pemain yang dibawa sang pelatih Makram Daboub adalah Ataa Jaber. Tak banyak yang tahu siapa itu Ataa Jaber dan bagaimana rekam jejak pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut.

Jadi, Ataa lahir di Majd al-Krum, salah satu daerah di Israel. Ia lahir pada 3 Oktober 1994. Selayaknya tempat kelahirannya, Ataa pun membela Timnas Israel di usia mudanya. Tercatat, pemain dengan tinggi 1,80 meter ini pernah tampil dengan Timnas Israel U-19 dan U-21. Sayangnya, caps Ataa bersama tim muda Israel sangat sedikit.

Ataa tampil sebanyak 1 kali bersama Timnas Israel U-19 dan tampil di 8 pertandingan dengan tim U-21. Bersama tim U-21 tersebut, Ataa sudah mencetak 2 gol. Untuk kariernya di level klub, ia membela beberapa klub Israel. Karier mudanya ia awali di Maccabi Haifa U19 kemudian langsung membela klub seniornya tersebut tak lama sesudahnya. Pada musim 2014-2015, ia dipinjamkan ke Bnei Sakhnin selama beberapa bulan.

Sekembalinya ke Maccabi Haifa pada 30 Juni 2015, ia membela klub masa kecilnya itu selama dua tahun. Dua tahun bersama Maccabi Haifa, pada tahun 2017, Bnei Sakhnin kini merekrutnya dengan biaya transfer 4,35 miliar rupiah. Empat tahun bersama Bnei Sakhnin, Ataa pun memutuskan untuk hijrah ke klub Israel lainnya FC Ashdod.

Sayangnya, kebersamaan Ataa Jaber dengan klub barunya itu tak bertahan lama. Satu tahun kurang membela FC Ashdod, Ataa hijrah ke luar negeri bersama klub kasta tertinggi Liga Azerbaijan Neftchi Baku. Musim ini, di klub barunya tersebut, Ataa telah tampil dalam 28 pertandingan di level liga dan berhasil mengemas 5 gol serta 6 assist.

Setelah menjalani kehidupan sebagai pesepakbola dengan status warga negara Israel, Ataa pun akhirnya memilih untuk pindah kewarganegaraan. Memiliki darah keturunan Palestina, Ataa memutuskan untuk pindah federasi dari Israel ke Palestina. Dan di FIFA Matchday Juni ini, Ataa di usianya yang sudah menginjak 28 tahun berpeluang untuk menjalani debutnya sebagai pemain Timnas Palestina.

“Mantan kapten tim Israel U-21 itu akan bergabung dengan Al-Fida’i untuk pertandingan persahabatan bulan Juni melawan Indonesia dan China,’’ tulis Football Palestine.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments