BRI Liga 1

Persis Solo Belum Bisa Gunakan Stadion Manahan Meski Piala Dunia U-17 Usai, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Laga terakhir 2023 akan digelar pada malam hari ini. Kendati demikian, Persis Solo belum bisa menggunakan stadion tersebut untuk menjamu lawannya di lanjutan di waktu dekat ini.

Seperti yang diketahui, Stadion Manahan Solo pada Piala Dunia U-17 2023 kali ini merupakan salah satu venue yang dipersiapkan oleh PSSI. Selain Manahan, PSSI juga telah menyiapkan tiga stadion lainnya yakni Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jakarta Internasional Stadium (JIS), dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Namun untuk laga perebutan tempat ketiga dan partai final, Stadion Manahan Solo secara khusus digunakan untuk dua laga penting itu. Kemarin, laga perebutan tempat ketiga antara Timnas Mali U-17 vs Timnas Argentina U-17 sudah selesai digelar. Kini, giliran laga final antara Timnas Jerman U-17 dan Timnas Prancis U-17 akan dimainkan di stadion tersebut.

Baca Juga:  Prediksi Barito vs Persija Minggu 21 April 2024, Pekan ke-32 Liga 1 Indonesia

Sejatinya, setelah laga final tersebut, stadion Manahan Solo bakal digunakan sebagai venue untuk pertandingan Liga 1 musim 2023-2024. Ya, sebelum Piala Dunia U-17 2023 digelar, stadion ini merupakan markas untuk laga-laga kandang Persis Solo. Namun sayangnya, karena even penting tersebut digelar, maka Persis Solo di pertandingan-pertandingan kandang Liga 1 selama Piala Dunia U-17 digelar harus mengungsi ke stadion lain.

Oleh karena itu, begitu Piala Dunia U-17 selesai digelar pada malam hari ini, maka seharusnya Persis sudah bisa menggunakan stadion tersebut pada pertandingan Liga 1 di waktu dekat ini. Dijadwalkan, pada Selasa 5 Desember mendatang, Persis Solo akan menjamu Madura United di stadion Manahan Solo. Surat izin pertandingan dari Polresta Surakarta juga sudah dikeluarkan.

Persis Solo Belum Bisa Gunakan Stadion Manahan Meski Piala Dunia U-17 Usai, Kenapa?
Laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia U-17 2023 antara Mali U-17 vs Argentina U-17 di Manahan Solo kemarin
Baca Juga:  Prediksi PSIS vs RANS Senin 22 April 2024, Pekan ke-32 Liga 1 Indonesia

Namun sayangnya, berdasarkan rilis terbaru dari Persis Solo, Laskar Sambernyawa ternyata belum bisa menggunakan Manahan kendati pekan depan Piala Dunia U-17 2023 sudah selesai digelar. Stadion Manahan Solo baru bisa digunakan sampai proses serah terima usai pada 7 Desember 2023.

“Sebelumnya, Persis sudah mengantongi izin pertandingan dari pihak Polresta Surakarta lewat surat dengan nomor B-REKOM/47/XI/YAN.2.1/Intelkam, serta surat izin penggunaan sarana dan prasarana olahraga Stadion Manahan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (DISPORA) dengan nomor surat PO/5958/2023,” tulis Persis Solo.

“Berdasarkan dua surat rekomendasi itulah, Persis kemudian memutuskan untuk melakukan penjualan tiket early bird seperti yang diinformasikan melalui kanal sosial media klub,” tambahnya.

“Namun, Persis kemudian mendapatkan surat dari Dispora dengan nomor PO/6656/XI/2023 yang menyatakan bahwa Surat Izin Penggunaan Stadion Manahan sebelumnya dinyatakan dicabut/dibatalkan karena Stadion Manahan masih belum bisa digunakani sampai proses serah terima usai pada 7 Desember 2023,” tutup Persis Solo dalam keterangannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid