Timnas Indonesia

Komang Teguh di Laga Vs Australia: Bikin Blunder, Buat Gol, Lalu Terkapar karena Cedera



NOBARTV.CO.ID Komang Teguh memukau di laga Indonesia vs Australia, Bek tengah Borneo FC Komang Teguh tampil menyakinkan di laga melawan Australia tadi malam. Sebelum mencetak gol kemenangan, ia sempat melakukan blunder di babak pertama.

Tadi malam, skuad Garuda memainkan laga keduanya di ajang 2024 grup A. Pada pertandingan sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong itu bertemu dengan tuan rumah Qatar U-23. Sayangnya, di laga tersebut Marselino Ferdinan dkk takluk dengan skor akhir 2-0. Sementara Australia, anak asuh Tony Vidmar – pada laga sebelumnya bermain imbang 0-0 dengan Timnas Yordania U-23.

Adapun di pertandingan yang digelar di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium semalam, skuad Garuda akhirnya menang dengan skor akhir 1-0 atas Timnas Australia. Kemenangan ini terasa sangat istimewa karena merupakan kemenangan pertama dalam ajang Piala Asia U-23. Di sisi lain, ada satu hal yang juga cukup istimewa dari pertandingan tersebut. Hal yang dimaksud adalah sosok sang pencetak gol Komang Teguh.

Nama Komang mungkin tidak setenar bek-bek muda milik Timnas Indonesia seperti Rizky Ridho atau Elkan Baggott. Namun perlu dicatat adalah Komang pada SEA Games 2023 lalu adalah skuad yang skuad turut membawa Timnas Indonesia menjadi juara di even itu. Tidak sekadar itu, Komang dalam SEA Games 2023 berperan sangat krusial untuk Timnas Indonesia U-23. Ia menjadi satu dari beberapa pemain Timnas Indonesia yang di laga final melawan Thailand terlibat konflik sehingga dirinya diganjar kartu merah.

Baca Juga:  Kapten Uzbekistan Puji Indonesia: Indonesia Bermain Sangat Baik

Komang Teguh di Laga Vs Australia: Bikin Blunder, Buat Gol, Lalu Terkapar karena Cedera
Duo bek Tengah Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho dan Komang Teguh (sumber: IG @timnas.indonesia)

Setelah membawa Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 2023, Komang kembali dibawa untuk tampil di U-23 2023. Sayangnya, di laga ini anak asuh Shin Tae-yong itu kandas dari Timnas Vietnam di partai final.

Kepercayaan yang diberikan Shin tak selesai sampai di situ saja. Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar pada 4-12 September tahun lalu, pemain muda asli Bali ini lagi-lagi mendapat kepercayaan. Tapi sayangnya, seperti yang disebutkan tadi, namanya tidak pernah lebih tenar dibanding Rizky Ridho, Elkan Baggott, atau Muhammad Ferarri.

Namun di Piala Asia U-23 2024 ini, Komang tampil sangat menjanjikan. Bahkan, dirinya sudah menunjukkan tajinya sejak pemusatan latihan di Dubai. Jadi, selama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 digelar di Dubai sebelum Piala Asia U-23 ini, skuad Garuda sempat memainkan dua pertandingan uji coba. Uji coba pertama melawan Arab Saudi U-23 yang di mana pertandingan berakhir dengan skor 3-1. Adapun di uji coba kontra UEA U-23, skuad Garuda menang dengan skor tipis 1-0. Pada laga melawan Arab Saudi U-23, satu-satunya gol yang dicetak Timnas Indonesia saat itu dibuat oleh Komang Teguh.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Dan di Piala Asia U-23 2024 ini, Komang lagi-lagi menunjukkan aksinya. Pada laga melawan Qatar U-23, Shin memainkan Komang selama 51 menit – yang sayangnya, di laga itu mereka menelan kekalahan 2-0. Adapun di pertandingan melawan Australia tadi malam, Komang tampil selama 83 menit dengan aksi yang begitu heroik. Kenapa?

Jadi, pada babak pertama, pemain muda kelahiran 28 Pebruari 2002 sempat melakukan kesalahan fatal di kotak penalti. Tangan Komang terkena bola sehingga wasit menunjuk titik putih. Tak cuma itu saja, ia harus diganjar kartu kuning akibat perbuatannya itu.

Tapi beruntungnya, sang eksekutor gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Bola berhasil dihalau oleh penjaga gawang Ernando Ari.

Tidak menunggu waktu lama setelah blunder yang dilakukannya, Komang berubah menjadi seorang pahlawan. Beberapa menit sebelum berakhirnya babak pertama, Komang yang berdiri bebas di mulut gawang berhasil membelokkan bola yang ditendang Nathan Tjoe-A-On. Bola tersebut masuk ke gawang Australia tanpa mampu dihalau penjaga gawang.

Bak roller coaster, Komang yang sebelumnya membuat blunder lalu mencetak gol Indonesia – pada akhirnya terkapar juga. Pada menit ke-83, Komang alami cedera sehingga harus ditandu keluar lapangan. Kendati demikian, skor 1-0 berkat gol tunggal sang bek tengah menjadi sejarah bagi Timnas Indonesia. Sebab gol tersebut akan tercatat sebagai gol perdana Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 sepanjang sejarah sekaligus menjadi gol di mana – kemenangan perdana itu dibuat.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *