Timnas Indonesia

Justin Hubner Pastikan Diri Perkuat Belanda U-20 di Tengah TC Garuda Muda



NOBARTV NEWS – Calon pemain naturalisasi Garuda muda Justin Hubner akhirnya angkat suara terkait keputusannya setelah mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda U-20. Kata Justin, ia akan memperkuat tim muda The Oranje meskipun di saat yang bersamaan ia diminta bergabung di TC Garuda muda.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, publik sepak bola Indonesia heboh setelah beredar kabar kalau Justin Hubner dipanggil oleh skuad muda Belanda. Dalam daftar pemain yang dirilis oleh Timnas Belanda U-20 itu, Justin diminta untuk mengikuti TC jelang antara Timnas Belanda U-20 dengan Timnas Prancis U-20

Sontak, pemanggilan tersebut membuat suporter meradang. Pasalnya, Justin Hubner diharapkan tampil bersama Timnas Indonesia di 2023. Bahkan ia sudah mengikuti beberapa tahap naturalisasi untuk menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Namun di saat yang bersamaan, ketika proses naturalisasi tersebut sedang berjalan, ia malah dipanggil untuk memperkuat Timnas Belanda U-20. Timnas Belanda U-20 sendiri tak lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun ini.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

PSSI memang sengaja menaturalisasi Justin Hubner dan dua pemain muda lainnya agar skuad Garuda muda bisa tampil maksimal di Piala Dunia U-20 nanti. PSSI dan juga Shin Tae-yong tak ingin performa skuad Timnas Indonesia U-20 anjlok padahal berstatus sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, setelah melakukan penjajakan, PSSI atas keputusan STY akhirnya menaturalisasi tiga pemain muda yang salah satunya adalah Justin Hubner. Dua pemain lain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Namun mirisnya, di tengah proses tersebut, salah satu pemain yakni Justin mendapatkan tawaran yang lebih menggiurkan. Secara masuk akal, tawaran dari Timnas Belanda tentu lebih baik berkali-kali lipat meskipun tim asal Eropa itu tidak akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun ini. Sebab secara kualitas, sepak bola Belanda jelas lebih maju. Kalaupun gagal tampil di Piala Dunia U-20 bersama Indonesia, namun Justin bakal mendapat kesempatan emas dengan berlatih bersama tim nasional yang memiliki pembinaan pemain yang jauh lebih baik. Bahkan, jika terus tampil apik di Timnas muda Belanda, dengan syarat ia membatalkan naturalisasi-nya, bukan tidak mungkin bagi Justin untuk main di Piala Dunia kelak.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Secara lisan, Justin belum pernah sama sekali mengatakan kalau ia akan membatalkan proses naturalisasi tersebut. Akan tetapi, bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu sudah pernah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan memenuhi panggilan dari Timnas Belanda U-20. Kepada media asal Indonesia Kumparan, Justin mengatakan hal tersebut.

”Ya, saya akan bermain di pertandingan melawan Prancis,” kata Justin Hubner.

Namun perlu diketahui adalah, meskipun nanti Justin Hubner turun di laga tersebut, bukan berarti proses naturalisasi sang pemain batal. Karena laga tersebut hanya laga persahabatan dan dimainkan oleh pemain di bawah usia 20 tahun. Jadi, selama sang pemain tidak membatalkan proses naturalisasi-nya, ia masih bisa turun membela Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid