Timnas Indonesia

Meski Bukan Kalender Resmi FIFA, Borneo FC Siap Lepas Pemainnya ke Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Borneo FC siap melepas pemainnya ke dalam waktu dekat ini.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2023 ini, skuad Garuda Indonesia di berbagai kelompok umur akan sangat disibukkan dengan agendanya masing-masing. Untuk Timnas senior, mereka akan tampil di 2026 zona Asia. Selain itu, Marc Anthony Klok dkk juga akan bermain di beberapa laga bertajuk FIFA Matchday.

Adapun untuk Timnas Indonesia U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu bakal tampil di dua ajang yang cukup penting. Dua laga penting tersebut adalah U-23 2023 dan Kualifikasi 2024. Adapula Asian Games 2022 (dimainkan tahun 2023) hingga yang cukup besar seperti 2023.

Dari sekian banyak even tersebut, yang paling dekat – yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia adalah Piala AFF U-23 2023. Rencananya, even tersebut akan digelar pada 18 Agustus sampai 26 Agustus mendatang. Berarti, tidak lebih dari setengah bulan lagi, skuad Garuda muda akan tampil di ajang itu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Akan tetapi, sejauh ini, Shin Tae-yong selaku pelatih belum memulai pemusatan latihan. Justru, pelatih asal Korea Selatan itu sedang blusukan untuk mencari pemain dari Liga 1. Beberapa kali, eks pelatih Seongnam FC itu kedapatan tengah menyaksikan langsung pertandingan Liga 1 di stadion. Kata Shin, ia tengah mencari pemain baru untuk Timnas Indonesia.

Dengan demikian, bisa diartikan bahwa sang pelatih sedang mempersiapkan skuad yang akan dibawanya ke Piala AFF U-23 mendatang. Seperti yang diketahui, Piala AFF U-23 tidak masuk dalam kalender resmi FIFA sehingga mau tak mau STY hanya bisa mengandalkan pemain lokal yang ada di Indonesia. Sebab akan sulit bagi dirinya untuk memanggil pemain abroad – oleh sebab seperti yang disebutkan tadi.

Di tengah-tengah pencarian pemain, salah satu klub Liga 1 Borneo FC memberikan kabar gembira. Walaupun nantinya Piala AFF U-23 dilangsungkan di tengah-tengah kompetisi domestik yakni Liga 1, namun klub berjuluk Pesut Etam itu siap untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia. Hal tersebut diutarakan langsung oleh bos Borneo FC Nabil Husein.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

“Sepertinya sudah ada (komunikasi dengan PSSI). Kalau untuk kepentingan negara kita siap mendukung meski ada juga kepentingan Borneo FC,” kata Nabil Husein.

Sekadar diketahui, terdapat tiga pemain berlabel Timnas Indonesia U-23 di skuad Borneo saat ini. Ketiganya juga merupakan andalan Timnas Indonesia U-22 ketika bermain di SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu. Mereka adalah Fajar Fathurrahman, Taufany Muslihuddin, dan Komang Teguh Trisnanda. Kabar baiknya, ketiganya – beserta punggawa Timnas Indonesia U-22 lainnya sukses membawa pulang medali emas SEA Games 2023 ke tanah air.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment