Timnas Indonesia

Penampilan Jordi Amat Pukau Suporter Timnas Indonesia, STY Lempar Pujian!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Jordi Amat diturunkan sejak menit pertama oleh Shin Tae-yong dalam laga perdana di 2022. Melawan tim tamu Kamboja, skuad asuhan Shin Tae-yong hanya menang tipis dengan skor akhir 2-1. Meski demikian, bek tengah naturalisasi Jordi Amat mendapat banyak pujian dari warganet dan juga sang pelatih.

Di laga ini, STY menurunkan duet Jordi Amat dan sang kapten Fachruddin Aryanto di lini belakang. Laga ini merupakan laga pertama yang dilakoni eks pemain Swansea City itu untuk Timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui, ia baru saja menyelesaikan proses naturalisasi bersamaan dengan rekannya yakni Sandy Walsh. Hanya saja, Sandy tak bisa membela Timnas Indonesia (di Piala AFF) karena terbentur izin klub. Sedangkan Amat, karena klub yang dibelanya berada di Asia Tenggara, ia pun memiliki peluang untuk debut bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Tidak ada yang menduga jika Amat langsung diturunkan di laga ini. Pasalnya, Kamboja bukanlah lawan yang cukup tangguh jika dibandingkan dengan Timnas Thailand yang berada di grup yang sama. Namun keputusan Shin akhirnya tepat. Tanpa diduga-duga, skuad asuhan Ryu Hirose banyak mengancam gawang Timnas Indonesia – yang beruntungnya Amat sangat berperan dalam memutus serangan-serangan tersebut.

Tidak hanya lihai memutus rentetan serangan lawan. Jordi juga tak pernah kalah ketika duel satu lawan satu dengan striker Kamboja. Selain itu, Amat rutin mengirim umpan kunci langsung ke depan – yang sayangnya tidak dibarengi dengan finishing yang baik oleh lini depan.

Secara keseluruhan, penampilan Amat di laga ini sangat bagus. Kemampuannya dalam memutus serangan, terutama ketenangan yang dimiliknya membuat penikmat sepak bola Indonesia terpesona.

Secara statistik, selama 90 menit tersebut, Amat menghasilkan chances created sebanyak 2 kali, 3 tekel, 2 clearances, dan 62 kali operan. Akurasi operan yang dilakukan Amat sangat baik yaitu 93 persen.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Usai laga, warganet ramai-ramai memberikan komentarnya terkait penampilan sang pemain. Amat menjadi salah satu pemain yang tampil menonjol di laga tersebut. Nama Amat pun sempat trending topik di lini masa twitter.

“Yang lumayan main bola kemarin hanya jordi amat, yakob sayuri, witan, ricky dan klok,” cuit salah satu netizen.

Tak ketinggalan, sang pelatih Shin Tae-yong juga memberikan komentar terkait penampilan pemain barunya itu. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu mengaku puas dengan penampilannya.

“Pertandingan pertama ini memang sangat baik. Saya puas dengan performa Jordi sebagai pemain bertahan,” kata STY.

Adapun dua gol Timnas Indonesia di laga ini dicetak oleh dua pemain abroad yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Dua gol tersebut dicetak keduanya pada babak pertama.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments