Timnas Indonesia

Arkhan Kaka Dipulangkan dari TC Timnas U-17 tapi Tak Dicoret dari Daftar Pemain, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Striker muda Arkhan Kaka dipulangkan dari TC Timnas U-17. Namun menariknya, ia tidak dicoret dari daftar pemain yang dipersiapkan untuk tampil di 2023. Kenapa?

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini – sejak PSSI memanggil 34 pemain untuk mengikuti TC tahap awal pada Senin 10 Juli kemarin, Bima Sakti selaku pelatih telah memulangkan 9 pemain. Awalnya, Bima Sakti memulangkan tujuh pemain. Namun kini bertambah dua orang sehingga menjadi sembilan.

Ya, sejak tanggal 10 Juli itu, PSSI lewat laman resminya telah mengumumkan daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan tahap awal. Pemusatan latihan tahap awal itu dilangsungkan di Jakarta. Dalam daftar 34 pemain yang dipanggil, enam di antaranya merupakan pemain keturunan atau diaspora. Sedangkan sisanya adalah pemain lokal.

Selain melakukan pemusatan latihan, PSSI juga menggelar seleksi pemain Timnas U-17 di 12 kota berbeda. Dalam proses seleksi tersebut, ratusan pesepakbola muda daerah ikut serta. Bahkan, ketika PSSI menggelar seleksi di Bali selama dua hari, hampir 1000 pemain mengikutinya. Mereka tersebar tak hanya dari Provinsi Bali saja. Namun dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, hingga Nusa Tenggara Timur turut serta dalam proses seleksi itu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun dari pemusatan latihan yang sudah berjalan lebih dulu itu, satu persatu pemain tersisih. Pemain yang tersisih dari pemusatan latihan digantikan oleh pemain yang lolos lewat jalur seleksi. Jadi, berkurangnya pemain yang mengikuti TC tersebut – diiringi dengan masuknya pemain baru lainnya. Sistem TC ini dikenal dengan nama promosi – degradasi.

Adapun dalam proses pemusatan latihan ini, dari 34 pemain yang sudah mengikuti TC, sudah ada 9 pemain yang dipulangkan. Empat dari sembilan pemain yang dipulangkan adalah pemain keturunan atau diaspora. Padahal, para pemain diaspora tersebut pada awalnya digadang-gadang akan menjadi tulang punggung U-17 di Piala Dunia U-17 2023 nanti.

Empat pemain keturunan yang dipulangkan adalah Aaron Nathan Ang, Staffan Qabiel Horrito, Mahesa Ekayanto, dan Madrid Augusta. Adapun lima nama lainnya adalah Muhammad Afazriel (PSS Sleman), Dimas Arya (Persipasi Bekasi), Muhamad Gaoshirowi (Persib Academy), Arkhan Kaka Putra Purwanto (Persis Solo), dan Faizal Pratama Naufal (Persekat).

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Menariknya, dalam daftar pemain yang dipulangkan itu ada nama Arkhan Kaka. Kaka adalah top skor Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 tahun lalu. Selain itu, Kaka juga merupakan tulang punggung skuad Garuda Asia ketika memenangkan gelar U-16 2022.

Oleh karenanya, dipulangkannya Kaka sempat menimbulkan pertama dari banyak orang. Sebab tentunya sangat aneh – pemain sekelas Kaka dipulangkan dengan begitu cepat.

Usut punya usut, ternyata, meskipun Arkhan Kaka diminta untuk pulang, namun namanya tidak dicoret oleh sang pelatih Bima Sakti. Sebab pulangnya Kaka dikarenakan Persis Solo memintanya untuk kembali ke klub. Persis tengah membutuhkan jasa Kaka sehingga sang striker untuk sementara waktu dipulangkan dari pemusatan latihan Timnas U-17.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment