Timnas Indonesia

PSSI Usahakan Shayne Pattynama Debut di FIFA Matchday Bulan Juni



NOBARTV NEWS – Karena kesalahan kecil, Shayne Pattynama gagal membela . Andaikata PSSI langsung mengurus proses perpindahan federasi sang pemain begitu sumpah WNI kemarin, barangkali ia sudah bisa melakukan debutnya pada bulan ini. Meski demikian, PSSI berjanji untuk FIFA Matchday Juni mendatang, fullback Viking FK itu bakal merasakan debutnya.

Sebagaimana diketahui, dalam daftar 28 pemain yang diminta untuk mengikuti TC beberapa waktu lalu, ada enam pemain abroad yang diminta bergabung. Mereka adalah Elkan Baggott (Cheltenham Town), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Saddil Ramdani (Sabah FC), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), dan Shayne Pattynama (Viking FK).

Pemanggilan 28 pemain – termasuk 6 pemain abroad tersebut dalam rangka mengikuti ajang FIFA Matchday bulan ini. Dijadwalkan, skuad Garuda Indonesia bakal menjamu tim asal Afrika Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Laga tersebut akan dilangsungkan sebanyak dua kali masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dalam daftar 6 pemain abroad tadi, ada satu nama yang seharusnya berpeluang untuk menjalani debutnya. Adalah Shayne Pattynama, bek sayap Viking FK itu baru saja selesai dinaturalisasi pada bulan Januari kemarin. Ia menjadi pemain terakhir dari daftar 3 pemain keturunan yang diproyeksikan tampil di Piala Asia 2023. Sebelumnya, PSSI berhasil merampungkan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Namun sialnya, Shayne Pattynama dipastikan batal debut dengan Timnas Indonesia. Hal itu dikarenakan PSSI belum merampungkan proses perpindahan federasi sang pemain. Padahal, ketika Jordi Amat dan Sandy Walsh selesai melakukan naturalisasi pada Desember lalu, PSSI tak butuh lama untuk memproses perpindahan federasi kedua pemain itu.

Namun bagi Pattynama tidak. Hanya dua kemungkinan yang membuat Pattynama batal tampil. Pertama karena PSSI memang tidak mengurusinya atau kedua karena PSSI era Erick Thohir masih awam dengan proses tersebut.

Hal yang lebih membingungkan adalah beberapa hari sebelum dipanggilnya 28 nama tersebut, PSSI lewat Wakil Ketua Umum Zainudin Amali menyebut proses perpindahan federasi atas nama Pattynama sudah selesai. Oleh sebab itu, PSSI lewat laman resminya juga begitu pede mencantumkan nama sang pemain jelang laga FIFA Matchday Maret ini.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Mantan anggota Exco Hasani Abdulgani mengungkapkan kini PSSI tengah berusaha agar Pattynama bisa debut pada bulan Juni ini. Di bulan tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong juga akan memainkan laga FIFA Matchday seperti saat ini. Untuk lawan, Timnas Palestina dipastikan akan datang ke Indonesia pada bulan tersebut. Namun untuk lawan lainnya pada periode yang sama, PSSI saat ini tengah melakukan penjajakan dengan beberapa federasi. Hal ini ditujukan agar skuad Garuda Indonesia mendapatkan dua lawan dalam satu periode yang sama.

“Mudah-mudahan Shayne Pattynama baru bergabung dengan timnas di FIFA break, Juni mendatang,” tulis Hasani di akun instagramnya.

“We do our best (kami akan melakukan yang terbaik),” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid