Timnas Indonesia

Skuad Garuda Muda Belum Komplit Jelang Turnamen Mini, Dirtek PSSI: Kalau Tidak Lengkap untuk Apa?



NOBARTV NEWS – Sebelum tampil di Piala Asia U-20 dan 2023, skuad Garuda muda akan bermain dalam turnamen mini. Namun sayangnya, anak asuh STY itu terancam tak diperkuat seluruh pemainnya. Hal itu memantik komentar dari Dirtek PSSI Indra Sjafri.

Sebagaimana diketahui, PSSI dan Kemenpora RI akan menggelar sebuah turnamen mini pada pertengahan bulan ini. Turnamen tersebut ditujukan sebagai ajang persiapan U-20 sebelum mereka turun di Piala Asia U-20.

Menariknya, PSSI akan mengundang tiga kontestan Piala Dunia U-20 di even mini ini. Mereka adalah perwakilan dari CONCACAF dan Oceania. Tiga tim tersebut adalah Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Republik Dominika U-20.

Hal itu sudah disampaikan oleh Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

“Tiga bulan lalu saya sudah minta biar kita adakan mini turnamen di tanggal 17, 19, dan 22 Februari ini,” kata Shin Tae-yong beberapa hari lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Bakal lawan Fiji, Guetamala, dan Republik Dominika. Itu pun setahu saya sudah ada persetujuan dari Menpora,” katanya menambahkan.

Namun sayangnya, satu minggu menjelang even tersebut, seluruh punggawa Timnas Indonesia U-20 belum berkumpul. Dua pemain yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sedang berada di luar negeri. Marselino baru diresmikan sebagai pemain baru KMSK Deinze sedangkan Ronaldo sedang melakukan negosiasi dengan salah satu klub Liga 2 Turki.

Belum pula ditambah dengan dua pemain Persib Bandung yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah yang masih ikut dalam laga resmi Maung Bandung di Liga 1. Begitupula dengan empat pemain muda Persija Jakarta yang belum diserahkan Thomas Doll ke Timnas Indonesia.

Kondisi ini membuat skuad Garuda muda pincang. Pasalnya, pemain-pemain yang dipanggil tersebut merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di beberapa laga penting skuad Garuda muda. Bek muda Persija Muhammad Ferrari merupakan kapten Timnas U-20. Begitupula dengan Cahya Supriadi yang di mana merupakan kiper utama Garuda muda.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Ronaldo juga merupakan winger andalan STY dan Marselino adalah gelandang serang yang tak tergantikan.

Kekurangan skuadnya ini membuat Dirtek PSSI angkat suara. Kata Indra, komposisi skuad Garuda muda harus lengkap di turnamen mini tersebut. Jika tidak, untuk apa ajang tersebut diselenggarakan dengan melibatkan pemerintah RI dalam hal ini Kemenpora.

“Iyalah (lengkap) semuanya saat turnamen mini. Kalau tidak lengkap untuk apa kita bikin uji coba mini turnamen,” terang Indra.

“Yang sudah pastiin itu Kepulauan Fiji datang pada 16 Februari 2023, termasuk Guatemala, dan Republik Dominika,” ujarnya menambahkan.

Turnamen mini ini diharapkan menjadi modal berharga skuad Garuda sebelum turun di Piala Asia U-20 1 Maret mendatang. Di even tersebut, Marselino Ferdinan dkk bakal tergabung di grup A bersama Timnas Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments