Timnas Indonesia

Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi



NOBARTV.CO.ID Nathan Tjoe-A-On kembali ke skuad Timnas U23, Lobi yang dilakukan PSSI untuk kembali mendatangkan Nathan Tjoe-A-On berbuah manis. Kemarin, sang pemain dipastikan akan bergabung lagi dengan setelah sebelumnya sempat pulang ke klubnya.

Nathan Tjoe-A-On sejauh ini menjadi pemain yang amat diandalkan. Pemain pinjaman dari Swansea City ini datang ke Qatar menjelang digelarnya Piala Asia U23 2024. Bahkan, ia tidak sempat mengikuti pemusatan latihan bersama punggawa Timnas Indonesia lainnya di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kendati demikian, Nathan tampil sangat klop bersama skuad Garuda. Dalam tiga pertandingan Timnas Indonesia U23 di fase grup, Nathan selalu dimainkan. Ia hanya masuk sebagai pemain pengganti sebanyak satu kali. Saat itu, Nathan memulai aksinya dari bangku cadangan ketika skuad Garuda bertemu Qatar di matchday pertama grup A.

Sementara di dua pertandingan lainnya ketika melawan Australia U23 dan Yordania U23, Nathan selalu masuk sebagai starter. Bahkan, ia bermain penuh di dua pertandingan itu. Di laga melawan Australia, Nathan menjadi pemberi assist untuk gol yang dibuat Komang Teguh.

Baca Juga:  Tujuh Pemain Keturunan Diboyong Indra ke Turnamen Toulon Prancis

Tapi sayangnya, usai melawan Yordania di laga pamungkas grup A, Nathan secara tiba-tiba harus meninggalkan tim nasional. Ia pergi untuk bergabung dengan klubnya SC Heerenveen. Bergabungnya Nathan (ke klub) sejatinya bukanlah hal yang membingungkan. Sebab sebelum ia bergabung dengan Timnas Indonesia U23, PSSI dan pihak SC Heerenveen memang sudah bersepakat untuk mengizinkan Nathan bermain hingga berakhirnya laga fase grup. Maka daripada itu, setelah laga melawan Yordania berakhir, ia pun akhirnya kembali (ke klub).

Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi
Nathan Tjoe-A-On di laga melawan Australia (sumber: IG @timnas.indonesia)

Kendati demikian, kepergian Nathan disesalkan banyak pihak. Terlebih, dengan lolosnya Timnas Indonesia ke babak perempatfinal melawan Korea Selatan, jasa sang pemain pun justru akan lebih dibutuhkan. Oleh sebab itu pula, netizen sempat menyerbu akun media sosial SC Heerenveen untuk memberikan izin kepada Nathan agar bergabung ke Timnas Indonesia lagi.

Baca Juga:  Klub Serie-A Como Fasilitasi TC Timnas U20 sebelum Tampil di Turnamen Toulon

Beruntungnya, apa yang dilakukan netizen dan lobi yang lagi-lagi dibuat PSSI berbuah manis. Dalam lobi kedua kalinya itu, SC Heerenveen akhirnya kembali merelakan kepergian pemainnya. Nathan setibanya di Belanda langsung balik ke Qatar untuk bergabung dengan Timnas Indonesia mempersiapkan laga perempatfinal melawan Korea Selatan.

“Kabar baik datang dari Belanda yang mana Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa ,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam keterangan persnya.

“Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel dengan kekuatan yang utuh,” ucapnya menambahkan.

“Terima kasih dukungan suporter yg mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosmednya Heerenveen,” sambung pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Memang tidak mudah, tapi pada akhirnya kita bersyukur seluruh pemain yang diinginkan coach STY bisa tersedia. Kini tinggal usaha dan doa terbaik kita berikan demi hasil terbaik di delapan besar,” ujar Erick memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *