Timnas Indonesia

STY Unggah Aksi Keji Doan Van Hau, Netizen Vietnam Serang Instagram Sang Pelatih!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kemarin, Shin Tae-yong mengunggah tiga video aksi brutal bek Vietnam Doan Van Hau selama ikut serta dalam 2022 ini. Sontak, unggahan Shin tersebut diserbu oleh netizen Vietnam.

Diketahui, bek sayap kiri Vietnam Doan Van Hau menjadi nama yang cukup disorot selama Piala AFF 2022 ini. Bukan karena prestasinya, melainkan karena aksinya yang kerap membahayakan lawan-lawannya.

Di fase grup, Van Hau melakukan pelanggaran keras kepada pemain Malaysia ketika bermain di My Đình Stadium. Saat itu, Van Hau menyikut perut sang pemain. Bukannya mendapatkan kartu merah, ia justru tak mendapatkan apa-apa.

Saat itu, publik sepak bola Malaysia sangat geram kepadanya.

Dan ternyata, hal yang dilakukan Van Hau tidak selesai sampai di sana. Di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Indonesia, Van Hau melakukan dua pelanggaran fatal yang buruknya, wasit tak memberikan ganjaran apa-apa kepadanya. Pertama ketika ia melakukan tekel keras kepada Dendy Sulistyawan dan kedua ketika ia menendang kaki Ricky Kambuaya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dari tayangan ulang, jelas sang pemain melakukan pelanggaran yang seharusnya diganjar kartu merah. Bahkan, komentator AFF menyebut seharusnya diberikan hadiah penalti ketika Ricky Kambuaya ditendang olehnya.

Nah, kemarin, Shin mengunggah tiga video di akun instagramnya. Video tersebut merupakan kumpulan aksi Van Hau kepada Dendy Sulistyawan, Ricky Kambuaya, dan pemain Timnas Malaysia tadi.

“Tidak boleh usaha para pemain yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini,” bunyi caption yang ditulis Shin sebagai keterangan untuk tiga video tersebut.

Dan lucunya, publik sepak bola Vietnam – dalam hal ini netizen mereka pun kepanasan. Mereka ramai-ramai meninggalkan komentar sekaligus menyerang sang pelatih.

Satu hari pasca Shin mengunggah video tersebut, lebih dari 40 ribu orang memberikan komentarnya. Sementara itu, lebih dari 240 ribu netizen yang menyukainya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Tuan Shin! Dia pelatih yang sangat bagus, tapi dia bukan pelatih berkelas dan teliti. Sangat menyedihkan bagaimana dia selalu mencaba menemukan kekurangan pada orang lain tanpa mengiring bajunya sendiri untuk mereflesikan dirinya dan timnya,” tulis netizen Vietnam dengan username @tranhng7.

“Bukan karena kualitas. Sejak hari pak STY sampai ke Indo, mereka selalu seri dan kalah melawan Vietnam. Pelatih yang menggunakan trik yang pengecut untuk menghantam pikiran lawan sebelum pertandingan tidak bagus sama sekali. Besok Vietnam akan mengajarkan Anda dan murid-murid anda satu pelajaran,” tulis netizen Vietnam lainnya.

Netizen Indonesia Suarakan Dukungan

Karena banyaknya komentar dari netizen sang lawan, netizen Indonesia pun tak tinggal diam. Mereka juga ikut memberikan komentarnya berupa dukungan kepada Shin dan Timnas Indonesia.

“Setuju coach,” timpal @banyolantimnas.

“Fair play, mau pemain, wasit, suporter semua sama,” tulis penerjemah Shin yang turut mengomentari.

“Banyak akun Nguyễn nimbrung di sini. Kasih paham gengs siapa kita,” tantang netizen Indonesia dengan username @rohmatbudiyoko.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments