Timnas Indonesia

Dipercaya sebagai Kapten, Marc Klok : Saya Bangga dan Merasa Terhormat



Dipercaya sebagai Kapten, Marc Klok : Saya Bangga dan Merasa Terhormat
Marc Klok dalam laga kontra Bangladesh

NOBARTV NEWS – Sebagian besar dari kita akan menyebut laga antara vs Timnas Bangladesh beberapa hari yang lalu sebagai laga menyedihkan. Pasalnya, Timnas Indonesia sangat diunggulkan dari segala lini, namun mereka hanya bermain imbang dengan tim berperingkat 188 dunia itu. Akan tetapi tidak untuk seorang Marc Anthony Klok. Mengapa bisa demikian?

Laga antara Timnas Indonesia vs Bangladesh Rabu malam yang lalu merupakan kali pertama Marc Klok bermain dengan jersey merah putih di kandang sendiri. Sebelumnya, ia hanya mengenakan jersey tersebut ketika Timnas Indonesia mengikuti event SEA Games 2021. Itupun, Marc hanya bermain sebagai pelengkap kuota pemain senior – alias event tersebut lebih dikhususkan untuk tim nasional kelompok umur saja.

Sedangkan laga melawan Bangladesh kemarin merupakan laga untuk tim nasional senior. Terlebih lagi laga tersebut masuk dalam kalender resmi FIFA dengan tajuk FIFA Matchday. Tidak cukup sampai di sana, dalam laga yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung itu, Marc Klok bertindak sebagai kapten tim.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Sebuah kenikmatan tiada tara untuk seorang Marc Anthony Klok.

“Setelah penantian bertahun-tahun, setelah perjuangan yang tiada henti, saya mendapatkan pertandingan senior pertama dan sebuah kebanggaan menjadi kapten untuk Timnas Garuda,” ujar Marc Klok.

Klok sudah menunggu momen-momen di mana ia mengenakan jersey kebanggaan Garuda Indonesia itu. Ia membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berbagai macam rintangan harus dihadapinya – yang klimaksnya adalah ketika ia tidak bisa membela Timnas Indonesia di tahun lalu. Padahal, dokumen Klok saat itu sudah sempurna. Namun karena sesuatu hal ‘kecil', ia terpaksa untuk menunda impiannya bermain bersama Timnas Indonesia.

Klok mendapatkan jatah naturalisasi disebabkan sang pemain sudah lama berada di Indonesia. Setidaknya, Klok sudah membela tiga klub besar tanah air sebelum akhirnya ia resmi menjadi bagian dari skuad Garuda. Klok pernah bermain untuk PSM Makassar, Persija Jakarta, dan kini Persib Bandung.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Di ini, Klok masuk dalam rencana Shin Tae-Yong. Namanya pun terdaftar dalam 23 nama skuad Timnas Indonesia yang dibawa ke Kuwait.

Tuah dan pengalaman Klok sangat diharapkan di laga-laga penting kontra tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal. Meski sudah tidak berusia muda lagi, Shin Tae-Yong dan jutaaan rakyat Indonesia berharap banyak pada pemain yang lahir di Belanda namun memilih untuk mengabdi ke negara Republik Indonesia ini.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid