Timnas Indonesia

Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir yakin skuad U-23 lolos ke tahun depan.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis 25 Mei kemarin, telah dilangsungkan drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Dalam babak drawing ini, Timnas Indonesia dan 10 negara lainnya masuk dalam pot tuan rumah. Jadi, anak asuh Indra Sjafri itu tak berada di pot unggulan (1), ataupun pot 2, 3, dan 4.

Sekadar diketahui, dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 ini, terdapat 43 tim yang akan berpartisipasi. Ke-43 tim tersebut akan terbagi menjadi 11 grup dari A sampai K yang di mana setiap grup diisi oleh empat kontestan kecuali satu grup yang di mana hanya ada tiga tim di dalamnya.

Untuk pelaksanaan even ini, AFC selaku otoritas sepak bola tertinggi di Asia telah memutuskan untuk menggelarnya pada 4 sampai 12 September 2023 di 11 negara tuan rumah termasuk Indonesia. Selain Indonesia, 10 tuan rumah lainnya untuk babak kualifikasi ini adalah Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam. Dalam pelaksanaan kualifikasi nanti, para juara grup (11 tim) otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan (15 April-3 Mei). Beberapa runner-up terbaik akan ikut menemani juara grup ditambah dengan satu tuan rumah yaitu Timnas Qatar U-23.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dan pada drawing kemarin, skuad Timnas Indonesia U-23 dipastikan tergabung di grup K bersama dua kontestan lainnya. Mereka adalah Timnas Turkmenistan dan Timnas China Taipei. Dari hasil drawing tersebut, anak asuh Indra Sjafri itu jelas lebih diunggulkan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan dua lawannya itu, skuad Garuda jelas lebih unggul dari segala lini. Terlebih, Beckham Putra dkk akan bertindak sebagai tuan rumah di grup K tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bahkan yakin betul skuad Garuda mampu lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan. Sang Ketua Umum optimis setelah mengetahui hasil drawing tersebut.

“Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei. Karena peta persaingan sepakbola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal. Saya optimistis atmosfer sepakbola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final,” kata Erick Thohir.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Lebih lanjut, Erick berharap di laga kualifikasi nanti para suporter datang untuk membanjiri stadion guna memberikan dukungannya kepada skuad Garuda.

“Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang,” katanya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid