Timnas Indonesia

Jelang Duel dengan Irak, Timnas Indonesia Sudah Siapkan Pengganti 5 Pemain yang Dilanda Cedera



NOBARTV NEWS – PSSI mengaku sudah menyiapkan pengganti terkait dengan banyaknya pemain yang alami cedera.

Diketahui, pada bulan depan – Timnas Indonesia akan kembali beraksi dalam ajang internasional. Setelah lolos dari ronde pertama 2026 zona Asia, kini anak asuh Shin Tae-yong itu akan menyongsong persiapan baru jelang hadapi ronde kedua.

Ya, di ronde pertama sebelumnya, Marc Anthony Klok dkk sukses membantai tim asal Asia Tenggara Brunei Darussalam. Dalam pertandingan yang dilangsungkan dengan dua leg, skuad Garuda menang dengan skor agregat 12-0. Enam gol dilesakkan pada leg pertama serta enam gol lainnya pada leg kedua. Kemenangan telak itu membawa skuad Garuda tampil di ronde kedua.

Di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini, skuad Garuda tergabung dalam grup F bersama Timnas Vietnam, Timnas Irak, dan Timnas Filipina. Total, akan ada enam pertandingan yang akan dilakukan melawan ke-tiga tim tersebut. Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa akan ada tiga laga kandang dan tiga laga tandang selama ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Rencananya, dua laga tandang akan segera dimainkan oleh skuad Garuda. Bulan depan, mereka akan melakukan laga lawatan ke markas Irak dan Timnas Filipina. Awalnya, laga melawan Filipina akan digelar di Indonesia. Namun karena di tanah air PSSI sedang menggelar acara besar “ 2023,” maka laga tersebut ditukar menjadi tandang.

Jelang Duel dengan Irak, Timnas Indonesia Sudah Siapkan Pengganti 5 Pemain yang Dilanda Cedera
Pemain Timnas Indonesia beberapa waktu lalu

Tapi sayangnya, masalah baru menimpa skuad Garuda jelang laga penting versus Irak. Tercatat, ada enam pemain yang sudah terkonfirmasi cedera. Empat di antara mereka adalah pemain abroad yang tentunya amat sangat diandalkan di laga ini. Mereka adalah Ivar Jenner, Yakob Sayuri, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh, dan terbaru adalah Egy Maulana Vikri.

Namun berdasarkan keterangan PSSI yakni dari salah satu exco-nya Sumardji, pihaknya sudah menyiapkan pemain pengganti. Hal itu disampaikan Sumardji pada Minggu (29/10) kemarin.

“Jadi menghadapi situasi akhir-akhir ini yang banyak pemain cedera yang bermain di klub. Itu kami sudah punya plan-plan yang tentunya bisa dipakai untuk memperkuat timnas senior,” kata Sumardji.

“Ada beberapa hal yang jadi catatan kita, dan jumlah pemain kita kan cukup banyak juga,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Ketua BTN (Badan Tim Nasional) itu.

“Kalau ada yang cedera, maka kita sudah punya pemain pengganti,” ucapnya memungkasi.

Adapun untuk laga ketiga dan berikutnya Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua itu, semuanya akan digelar pada tahun 2024 mendatang.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid