Piala Dunia 2022

Trophy Piala Dunia Sambangi Timor Leste Untuk Pertama Kalinya, Sekjen FFTL Sumringah

TOPIK BERITA :


Untuk Pertama Kalinya Trophy Piala Dunia Sambangi Timor Leste.
Untuk Pertama Kalinya Trophy Piala Dunia Sambangi Timor Leste.

NOBARTV NEWS – Untuk memeriahkan turnamen sepakbola empat tahunan, Piala Dunia. Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) punya tradisi khusus membawa Trofi Piala Dunia melakukan perjalanan keliling dunia.

Satu negara yang akan menjadi tujuannya adalah Timor Leste, sebelum melanjutkan penerbangan menuju Qatar. Di kabarkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan membawa Trofi Piala Dunia ke Timor-Leste (TL) sebelum melanjutkan penerbangan menuju Qatar pada 11 juni 2022.

Profil Sepakbola Timor Leste

Sebagai sebuah negara baru, perkembangan sepak bola di Timor Leste nampak cukup pesat, meskipun prestasi mereka belum terlihat superior, namun pemerintah setempat nampak terus mendukung perkembangan olah raga yang satu ini.

Namun sejauh ini prestasi mereka masih terbilang biasa-biasa saja, jangankan lolos babak kualifikasi zona Asia Tenggara, tampil di final piala dunia pun sepertinya masih akan menjadi mimpi panjang bagi persepakbolaan Timor Leste.

Trophy Piala Dunia Tampil Perdana di Timor Leste

Inilah kali pertama trofi karya pematung Italia, Silvia Gazzaniaga itu pertama kalinya menyambangi negara kecil yang berbatasan langsung dengan Indonesia, Timor Leste.

Ketua  Federasi Sepak Bola Timor-Leste (FFTL), Francisco Martins da Costa Pereira Jeronimo mengatakan FIFA akan membawa Trofi Piala Dunia tahun 2022 ke negaranya, sebelum Trofi tersebut dibawa menuju Qatar.

“Saya menyampaikan kabar baik kepada Perdana Menteri (PM), Taur Matan Ruak, bahwa FIFA akan membawa Trofi Piala Dunia Sepakbola Internasional ke Timor Leste, sebelum Trofi tersebut dibawa menuju  Qatar,” kata Ketua  FFTL sekaligus sebagai Menteri Urusan Parlemen dan Komunikasi Sosial, Francisco Martins.

Dia menjelaskan   FIFA akan membawa Piala Dunia Sepak Bola Internasional dengan pesawat khusus dan akan mendarat di Bandara Internasional Nicolau Lobato Comoro, pada 11 Juni 2022.

“Saya telah diberitahu oleh Presiden FIFA bahwa Trofi Piala Dunia Sepakbola Internasional akan disimpan di kantor FFTL  selama delapan jam,” kata Jeronimo.

Ajak Masyarakat Timor Leste

Lebih dari itu, Francisco Martins juga menghimbau kepada para pencinta sepak bola di Timor Leste untuk bisa mengunjungi Bandara Internasional Nicolau Lobato, Komoro pada 11 juni 2022 agar bersama-sama menyambut kedatangan Trofi Piala Dunia Sepakbola Internasional.

“Setelah kita menerima Trofi Piala Dunia akan dibawa dengan diarak keliling Dili, dan akan disimpan di kantor F-FDTL selama delapan jam, sebelum dibawa ke Qatar,” katanya.

Ia berharap para pencinta sepak bola dapat melihat secara fisik bentuk Trofi Piala Dunia Sepakbola Internasional.

“Saya berharap para pecinta sepak bola dapat melihat secara fisik  bentuk Trofi Piala Dunia Sepakbola. Ini suatu kehormatan  karena   pecinta sepak bola di TL dapat melihat secara langsung Trofi Piala Dunia tersebut,” ungkapnya.

Undang Legenda Sepakbola Timor Leste

Rencana kedatangan Trofi Piala Dunia ke Timor Leste juga disampaikan Sekretaris Jenderal Football Federation of Timor Leste (FFTL) Gregorio Correia di Mercure Hotel, Cikini, Jakarta, Senin (23/5).

Gregorio datang ke Jakarta untuk mengundang salah satu legenda sepakbola Timor-Timor Fary Djemi Francis. Saat negara ini masih menjadi bagian dari NKRI, bersama Dwi Pranayudha, Fary merupakan legenda penjaga gawang yang telah memperkuat Timor-Timur dari Suratin Cup 1986, Persedil, Pra PON, Bank Suma.

Kepiawaiannya mengawal gawang bekas propinsi ke 27 Indonesia itu hingga saat ini menjadi kenangan terindah bagi Timor Leste. Inilah salah satu alasan bagi Federasi Sepakbola Timor Lesete mengundang dia untuk memeriahkan rangkaian pesta Piala Dunia Qatar 2022.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola