Intermezzo

Skuad Garuda hingga Blue Tigers, Berikut Julukan Tim-tim Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sebagai sebuah tim, para kontestan di Piala Asia 2023 ini tentunya memiliki julukannya masing-masing. Apa saja itu?

Malam ini, partai pembuka dalam ajang Piala Asia 2023 akan dilakoni oleh tim tuan rumah Qatar. Dijadwalkan, skuad Qatar akan berhadapan dengan Timnas Lebanon di Lusail Stadium. Laga tersebut akan kick off pada 23.00 WIB malam hari ini.

Menariknya, Qatar pada tahun 2022 lalu juga menjadi tuan rumah untuk even akbar lainnya. Pada tahun tersebut, negara asal timur tengah itu berstatus sebagai tuan rumah . Sayangnya, Timnas Qatar tak mampu berbicara banyak. Tergabung dalam grup A Piala Dunia 2022 bersama Timnas Belanda, Senegal, dan Ekuador – Qatar harus puas mengakhiri posisinya di peringkat 4 tanpa mencetak satu poin pun. Saat itu, Qatar selalu menelan kekalahan dari lawan-lawannya.

Dengan hasil mirisnya saat itu, pada even berbeda yang dihelat tahun ini, Qatar siap menunjukkan tajinya. Terlebih, Qatar berstatus sebagai juara bertahan pada ajang Piala Asia. Pada tahun 2019 ketika Piala Asia digelar di Uni Emirat Arab, Qatar keluar sebagai juaranya usai membungkam Timnas Jepang 3-1 di partai final. Dan kini, dengan statusnya sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar siap mengulangi kesuksesannya itu.

Akan tetapi, bukan hal mudah bagi tim berjuluk The Maroons itu. Di grup A tempat mereka berada, tidak hanya Timnas Lebanon saja yang menjadi penantang. Masih ada dua tim kuat lainnya seperti Timnas China dan Tajikistan.

Sementara , anak asuh Shin Tae-yong ini merupakan tim kuda hitam di Piala Asia 2023. Mereka tidak pernah tampil di beberapa edisi – hingga akhirnya pada edisi 2023, mereka kembali menginjakkan kakinya. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Piala Asia adalah pada tahun 2007. Kala itu skuad Garuda tampil karena berstatus sebagai tuan rumah bersama dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Dan kini, tanpa status tersebut, skuad Garuda akhirnya kembali berlaga dan dipastikan tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang atau biasa dikenal dengan nama Samurai Biru, Timnas Irak alias Lions of Mesopotamia, dan juga Timnas Vietnam yang sering dipanggil dengan nama The Golden Star Warriors.

Skuad Garuda hingga Blue Tigers, Berikut Julukan Tim-tim Piala Asia 2023
Salah satu pemain Timnas Indonesia Jordi Amat

Ya, selayaknya Timnas Indonesia yang sering disebut dengan nama skuad Garuda, tim-tim lainnya di Piala Asia 2023 ini juga memiliki julukan masing-masing. Apa saja itu? Berikut nama-nama julukan peserta Piala Asia 2023:

  1. Jepang: サムライ・ブルー (Samurai Blue)
  2. Suriah: The Qasioun Eagles
  3. Qatar: Al-Annabi (The Maroons) (العنابي), Al-Ad'am (الادعم)
  4. Korea Selatan: Taegeuk Warriors, The Reds, Red Devils (붉은 악마)
  5. Australia: Socceroos
  6. Iran: Team Melli تیم ملی
  7. Arab Saudi: الصقور الخضر (Green Falcons)
  8. Uni Emirat Arab: The White Jersey
  9. China: 龙之队 Lóngzhī Duì (Team Dragon)
  10. Irak: Usood Al-Rafidain (Lions of Mesopotamia)
  11. Oman: Al-Ahmar (The Reds)
  12. Vietnam: Ngôi Sao Vàng (The Golden Stars)
  13. Lebanon: منتخب الارز The Cedars
  14. Palestina: The Fedayeen, The Knights, Lions of Canaan
  15. Uzbekistan: Oq boʻrilar (White Wolves)
  16. Thailand: ช้างศึก (The War Elephants)
  17. India: Blue Tigers
  18. Hong Kong: –
  19. Tajikistan: The Persian Lions
  20. Kirgizstan: Ак шумкарлар, Ak şumkarlar (The White Falcons)
  21. Bahrain: الأحمر (Al-Ahmar, The Red)
  22. Malaysia: Malayan Tigers
  23. Yordania: النشامى Al-Nashāmā (The Chivalrous)
  24. Indonesia: Garuda, Merah-Putih (The Red and Whites)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid