Timnas Indonesia

STY Nilai Asnawi Layak Main di Kasta Tertinggi Liga Korea Selatan



NOBARTV NEWS – Kiprah bek Asnawi Mangkualam Bahar selalu mendapat perhatian dari Shin Tae-yong. Sang pelatih pun menyebut Asnawi layak untuk bermain di kasta tertinggi Selatan.

Seperti yang diketahui, Asnawi merupakan satu dari beberapa pemain yang sangat terbantu berkat kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Berkat koneksi sang pelatih, Asnawi bisa mencicipi iklim sepak bola di luar negeri – tepatnya di Korea Selatan.

Pada awal tahun 2021 lalu, Asnawi yang saat itu sedang memperkuat PSM Makassar dipromosikan oleh Shin Tae-yong untuk menjadi rekrutan anyar klub K League 2 Ansan Greeners. Setelah sang pemain dinilai – serta didorong dengan jaminan dari Shin Tae-yong bahwa sang pemain memiliki kualitas yang mumpuni, The Green Wolves (julukan Ansan Greeners) akhirnya merekrut sang pemain.

Meski Asnawi kesulitan beradaptasi di musim pertamanya dengan Ansan, bahkan sempat terlempar ke tim cadangan, namun ia tak patah arang. Secara pelan, hari demi hari, bek sayap Timnas Indonesia itu menunjukkan kualitasnya sehingga ia menjadi pilihan utama untuk klub yang bermarkas di kota Ansan itu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Bahkan, tak butuh waktu bertahun-tahun bagi Asnawi untuk menarik perhatian klub lain. Pada awal 2023 ini, secara mengejutkan, Asnawi yang sudah memperpanjang kontraknya dengan Ansan hijrah ke klub K League 2 lainnya Jeonnam Dragons. Kata pelatih Jeonnam, ia sudah kepincut dengan Asnawi ketika timnya (Jeonnam) berjumpa dengan Ansan musim lalu.

Dengan penampilan yang cukup baik bersama Ansan, pelatih Jeonnam tanpa ragu menjadikannya pilihan utama ketika ia resmi membela klub barunya itu. Musim ini, Asnawi sudah tampil dalam 16 pertandingan dari total 25 laga yang dijalani Jeonnam di ajang K League 2. Meskipun di beberapa pertandingan akhir ini Asnawi mendapat menit bermain yang sedikit, namun ia masih tetap dipercaya untuk turun oleh pelatih Jeonnam. Di pekan ke-25 kemarin, Asnawi hanya bermain selama lima menit ketika Jeonnam bertemu dengan Bucheon FC.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Walaupun demikian, di pertandingan sebelumnya lagi, sang pemain sering dipasang sebagai starter oleh pelatihnya. Asnawi hanya turun sebagai pemain cadangan karena rotasi yang sedang dilakukan pelatihnya.

Menariknya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sering memantau perkembangan pemainnya itu. Shin tak lepas tangan begitu sukses membuka jalan bagi Asnawi untuk main di Korea Selatan.

Di tengah-tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 kemarin, STY membahas perfoma pemain andalannya bersama Jeonnam. Katanya, Asnawi memiliki kapabilitas untuk bermain di kasta tertinggi Liga Korea Selatan.

“Dari pandangan saya, Asnawi memiliki kapabilitas untuk bersaing di level liga 1 Korea,” kata Shin Tae-yong.

“Dia telah menunjukkan kemampuan adaptasi yang baik, terutama dengan peningkatan performa yang terus ia tunjukkan setelah bermain di Korea,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment