Piala AFF

Profil Khafiatur Rizky, Pencetak Gol Penentu Kemenangan Indonesia atas Vietnam di Final Piala AFF U-16



Profil Khafiatur Rizky, Pencetak Gol Penentu Kemenangan Indonesia atas Vietnam di Final Piala AFF U-16
Selebrasi Khafiatur Rizky usai menjebol gawang Vietnam di final U-16

NOBARTV NEWS – Gelandang , Khafiatur Rizky menjadi juru selamat bagi Timnas Indonesia. Lewat gol cantik yang ia ciptakan di penghujung babak pertama, Garuda Asia sukses menjadi juara untuk kedua kali. Simak profil lengkap sang pemain!

Khafiatur merupakan pemain yang saat ini membela klub muda Borneo FC atau Borneo FC Samarinda Youth. Ia bergabung dengan klub tersebut sejak 1 Januari 2021 lalu. Sebelum bergabung dengan Borneo FC U-16, Khafiatur juga pernah membela Borneo FC U-12 pada tahun 2017 lalu.

Khafiatur lahir di Tangerang Selatan pada 16 tahun silam – tepatnya 17 Juli 2006. Ia memiliki nama lengkap Muhammad Khafiatur Rizky.

Memiliki tubuh ideal dan postur yang cukup baik, Khafiatur mencetak gol penentu di laga final melawan Vietnam dengan kaki favoritnya. Sedikit meliuk-liuk di depan gawang lawan, Khafiatur melepas tembakan terukur ke sudut atas kanan penjaga gawang.

Gol tersebut (final melawan Vietnam) bukan gol semata wayang yang pernah ia ciptakan. Total, Khafiatur telah mengemas 3 gol sepanjang turnamen. Ia hanya kalah 1 gol dari pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia, Nabil Asyura dengan 4 golnya.

Menariknya, sebelum laga melawan Vietnam semalam, ia sempat bercita-cita untuk menambah pundi-pundi golnya ke gawang sang lawan.

“Kami ingin menang, saya juga sangat mau mencetak gol lagi. Tapi tentu dengan kerjasama tim yang baik,” ujar Khafiatur beberapa waktu lalu.

“Yang jelas, kami sudah latihan tadi, informasi dari pelatih, kalau Vietnam menggunakan banyak pemain belakang. Kami akan berusaha membongkar pertahanan mereka,” ujar Khafiatur menambahkan.

Sebuah niat yang menjadi kenyataan. Satu gol yang dilesakkannya membuat Indonesia merengkuh gelar keduanya. Bukan hanya itu saja, kemenangan tersebut juga disaksikan oleh puluhan ribu suporter Indonesia yang memadati stadion Maguwoharjo Sleman.

Kehadiran mereka tidak sia-sia. Kedatangan orangtua pemain yang berbuah hasil. Ritual menyaksikan foto orangtua sebagai bentuk penyemangat tidak sia-sia.

Kini, nama Khafiatur sejajar dengan 4 pemain Timnas Vietnam lainnya yang juga mengemas 3 gol selama turnamen Piala AFF U-16 ini. Mereka adalah Hoang Cong Hau, Nguyen Chong Phuong, Le Dinh Long Vu, dan Nguyen Huu Trong.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid