Timnas Indonesia

STY Kesal Ditanya Wartawan Terkait Hilangnya Trio PSM Makassar di Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Pemandangan aneh tersaji di sesi latihan kemarin. Dalam sesi latihan tersebut, tidak tampak tiga pemain PSM Makassar dalam video yang diunggah di kanal youtube PSSI. Wartawan yang berada di tempat itu sempat bertanya kepada sang pelatih. Sayang, STY kedapatan kesal dan enggan memberi jawaban.

Seorang wartawan bertanya terkait absennya tiga nama tersebut. Setelah itu, sang penerjemah yakni Jeong Seok-seo menjelaskan pertanyaan tersebut kepada Shin. Menerima pertanyaan seperti itu, STY sempat menjawab namun sang Jeong justru tidak menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Beberapa kemungkinan bisa menjadi jawaban dari Shin tadi. Pertama, ia menjawabnya dengan nada kesal sehingga penerjemah tidak mengutarakannya. Atau yang kedua, STY bilang kalau ia tidak mau membahas hal (hilangnya trio PSM) itu.

Kemungkinan-kemungkinan di atas akan terus menjadi dugaan karena sampai saat ini, tidak ada yang bisa tahu persis apa yang dikatakan Shin.

Media Officer Benarkan Trio PSM Pulang ke PSM Makassar

Pihak PSM Makassar melalui Media Officer Sulaiman Abdul Karim membenarkan jika absennya Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, dan Ramadhan Sananta dalam sesi latihan Timnas Indonesia kemarin karena mereka tengah berada di klub. Hanya saja, ketiganya pulang hanya sekadar mengurus urusan kecil bersama klub. Mereka sama sekali tidak diminta untuk bermain – mengingat musim 2022-2023 sudah berjalan lagi.

Jadi, setelah mereka selesai dengan urusannya itu, ketiganya langsung kembali ke Bali guna mengikuti TC Timnas Indonesia seperti hari-hari sebelumnya.

“Ada urusan dengan klub sedikit, setelah selesai langsung malamnya mereka kembali ke Timnas Indonesia,” kata Sulaiman Abdul Karim.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri Pastikan Trio PSM Masih Berada di Pemusatan Latihan

Dirtek PSSI sekaligus eks pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menjelaskan bahwa Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta, dan Yakob Sayuri masih berada di TC Timnas Indonesia. Jawaban Indra ini sekaligus sebagai tepisan terhadap rumur-rumor yang beredar.

“Tidak ada (tarik pemain dari timnas). Ini mereka (Sananta, Yakob, dan Dzaky) latihan,” terang Indra ke awak media kemarin.

Rumor Tak Lepas dari Respon Berulangkali dari Pelatih PSM Makassar Bernando Tavares

Rumor-rumor yang mengatakan bahwa PSM menarik pemainnya dari Timnas Indonesia terbukti hoax alias tidak benar. Namun sebetulnya, rumor ini berkembang karena respon Bernando Tavares dalam berbagai kesempatan di beberapa waktu yang sudah lewat. Tavares gencar melakukan kritik kepada sistem TC Timnas Indonesia. Ia secara terang-terangan mengaku tak suka dengan pemanggilan pemainnya di saat Liga sedang berlangsung. Tavares hanya berpegang teguh pada peraturan ‘FIFA' yang mengatakan bahwa klub berhak menolak untuk melepas pemainnya (ke tim nasional) kecuali mereka dipanggil dalam ajang FIFA Matchday.

Jadi, wajar saja jika publik merasa PSM sedang mengambil pemainnya meski pada kenyataannya hal itu sangat tidak benar.

“Saya perlu sampaikan, mereka PSSI juga perhatikan bahwa hal-hal terkait aturan pemanggilan yang bukan FIFA Matchday. Ini bukan kultur saya, ini kultur yang baru buat saya,” ujar Tavares beberapa waktu lalu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment