Timnas Indonesia

Sempat Abaikan Panggilan Timnas Indonesia, Osvaldo Haay: Maaf Coach, Saya yang Salah

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Osvaldo Haay meminta maaf karena telah menolak panggilan untuk memperkuat dari Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Osvaldo Haay merupakan mantan pemain Timnas Indonesia yang pernah berjaya di masanya. Ia merupakan top skorer ketika Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up dalam ajang SEA Games 2019 di Manila Filipina. Di ajang multi olahraga tersebut, pemain yang baru saja berpisah dengan Persija Jakarta itu mencetak 8 gol dari fase grup sampai partai final. Salah satu pemain Vietnam Ha Duc Chinh juga keluar sebagai top skorer dengan jumlah torehan yang sama.

Namun sayangnya, nama Osvaldo kian tenggelam ketika skuad Garuda dipimpin oleh Shin Tae-yong. Osvaldo sebetulnya pernah mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Saat itu, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu meminta Osvaldo untuk bergabung di skuad Garuda. Namun sayangnya, eks pemain Persebaya Surabaya itu justru mangkir dari panggilan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Panggilan tersebut ia dapatkan pada tahun 2021 silam. Besar kemungkinan pemanggilan yang dimaksud adalah ketika Timnas Indonesia mempersiapkan diri jelang berlaga di 2020. Persiapan tersebut dilakukan pada akhir tahun beberapa hari sebelum Natal.

Atas hal itu, baru-baru Osvaldo Haay mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada sang pelatih. Hal itu terungkap lewat akun tiktok @vivagoalindonesia. Osvaldo mengaku kalau saat itu ia melakukan sebuah kesalahan karena menolak panggilan itu.

“Tapi minta maaf sama Coach Shin Tae-yong. Sorry, saya yang salah waktu itu,” kata Osvaldo Haay dilansir dari akun tiktok @vivagoalindonesia.

“Waktu itu soalnya kan sudah mau Natalan kan. Terus dipanggil kalau gak salah saya, Todd Rivaldo Ferre, dan Yakob Sayuri,” ujarnya menambahkan.

Semenjak penolakan yang dilakukannya itu, Osvaldo tenggelam dari skuad Timnas Indonesia. Ia tak dipakai di Piala AFF 2020, berlanjut ke SEA Games 2021, , hingga Piala AFF 2022 – serta beberapa laga FIFA Matchday Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun, bukan dirinya saja yang pernah mengalami nasib serupa. Dikenal dengan sikap disiplin tingkat tinggi, beberapa pemain berlabel Timnas Indonesia pernah menjadi korban dari ketegasan Shin Tae-yong. STY tak segan-segan mencoret pemain yang diketahui melakukan tindakan indisipliner atau abai dengan panggilan dari Timnas Indonesia.

Yang paling baru, Shin tak memanggil Egy Maulana Vikri lagi setelah sang pemain diketahui mengabaikan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret lalu. Saat itu, Egy MV beralasan kalau dirinya sedang mengalami cedera sehingga tak bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Akan tetapi, tak berselang lama, ia justru bermain bersama klubnya Dewa United di ajang Liga 1. STY pun sempat membahasnya dengan sedikit kesal. Dan puncaknya adalah di FIFA Matchday Juni kemarin, Egy tak mendapat panggilan lagi dari skuad pimpinan Shin Tae-yong itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment