Timnas Indonesia

Pemain Terbaik Liga 1 2019 Minta Dinaturalisasi Jadi WNI



NOBARTV NEWS – Sejak tahun 2018, striker Persik Kediri Renan Silva sudah berkarir di Indonesia. Berkarir selama kurang lebih lima tahun membuat Renan jatuh cinta dengan negara Asia Tenggara ini. Bahkan ia berharap suatu saat nanti dirinya dinaturalisasi sebagai WNI.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu dan saat ini, PSSI, Menpora, serta DPR RI Komisi III dan X memang sedang gencar-gencarnya melakukan proses naturalisasi kepada enam pemain keturunan Indonesia. Tiga merupakan pemain sepak bola senior dan tiga lainnya merupakan pemain muda.

Tiga pemain senior adalah Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Proses naturalisasi ketiga pemain senior ini sudah rampung.

Sedangkan tiga pemain junior tersebut yaitu Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Untuk junior, mereka belum menyelesaikan proses naturalisasi secara tuntas karena masih ada tahap-tahap lainnya yang harus dilewati.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Di periode sebelumnya, PSSI sudah berulang kali melakukan proses naturalisasi ini. Lebih dari 30 pesepakbola luar negeri yang mendapatkan hak untuk dinaturalisasi. Mereka bisa dinaturalisasi karena dua hal. Pertama memiliki garis keturunan Indonesia dari nenek moyangnya. Kedua mereka sudah menetap di Indonesia selama lebih dari lima tahun.

Hal itupun yang kini memantik perhatian sosok Renan Silva. Striker yang mengawali karirnya di Indonesia dengan Persija Jakarta itu berharap untuk bisa menjadi pemain naturalisasi . Pemain terbaik Liga 1 tahun 2019 itu mengaku cinta dengan tanah air Indonesia. Meksipun ia lahir dan besar di Brasil, namun rasa cintanya itu muncul seiring perjalanan karirnya di Indonesia.

“Tidak mudah untuk terus berada di Indonesia dalam jangka waktu yang lama dan sekarang saya bisa menuntaskan 100 pertandingan. Ini sangat penting bagi karier saya,” kata Renan Silva kepada kompas.com.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Ketika saya pertama kali datang ke sini membela persija pada 2018, tuhan membantu saya sampai bisa langsung merasakan gelar juara. kemudian pada 2019 saya mendapatkan gelar pemain terbaik,” ujarnya menambahkan.

Secara blak-blakan, Renan mengaku berharap untuk bisa bertahan lama di Indonesia sekaligus mendapatkan hak untuk dinaturalisasi suatu saat nanti. Bahkan, Renan ingin menyampaikan keinginannya (untuk dinaturalisasi) itu kepada PSSI.

“Saya pikir saya bisa bertahan lama di Indonesia dan saya berharap bisa mendapatkan naturalisasi. Saya ingin sampaikan kepada PSSI semoga bisa bantu saya untuk naturalisasi. Karena keluarga saya sudah beradaptasi bagus dan kami sangat mencintai Indonesia.”

“Naturalisasi juga penting bagi saya karena saya ingin berkarier. Tidak cukup lima tahun tapi saya ingin selamanya di sini. Isi kepala saya sekarang penuh dengan Indonesia,” pungkas pemain kelahiran Rio de Janeiro 27 Januari 1989 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment