Timnas Indonesia

Meski Tak Maju sebagai Ketum PSSI Lagi, Iwan Bule Pastikan Program Naturalisasi Tetap Berjalan



NOBARTV NEWS – Mochamad Iriawan dipastikan tidak akan maju dalam KLB mendatang sebagai calon Ketum PSSI periode 2023-2027. Ia tak mencalonkan diri dan tidak bersedia untuk dicalonkan. Meski masa bakti Iriawan menyisakan beberapa hari lagi, namun purnawirawan Polri bintang tiga itu memastikan proses naturalisasi yang dimulai pada eranya tetap berjalan meski ia sudah tak menjabat lagi.

Sebagaimana diketahui, di masa kepemimpinan Iriawan, PSSI sangat mendukung proses naturalisasi pemain. Baru di masa Iriawan lah beberapa Exco diutus ke berbagai negara hanya untuk mengamati dan menyaksikan langsung pemain keturunan. Diutusnya para Exco tersebut tak lepas dari perintah Iriawan. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu meminta mereka untuk mengamati sekaligus bernegosiasi dengan pemain bersangkutan terkait bersedia tidaknya untuk dinaturalisasi.

Tidak hanya dalam proses naturalisasi saja, Iwan Bule juga sangat memperhatikan kondisi skuad Garuda. Ia kerap terlihat di berbagai kesempatan membersamai anak asuh Shin Tae-yong itu. Bahkan, dalam salah satu lawatan ke Kuala Lumpur dalam 2022 kemarin, Iwan turut serta membersamai mereka.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Intinya, tak satupun pimpinan PSSI sebelumnya yang bisa menyamai bagaimana cara Iriawan memimpin federasi ini. Dan perlu diketahui juga, di eranya lah, PSSI memilki eks pelatih tim nasional yang pernah menukangi sebuah negara di Piala Dunia. Tak lain tak bukan adalah Shin Tae-yong seorang.

Namun sayang, Iriawan menyisakan beberapa agenda penting di PSSI. Hal itu dikarenakan ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam KLB Pebruari mendatang. Salah satu agenda tersebut adalah ‘naturalisasi.'

Diketahui, di masa kepemimpinannya, Iriawan berhasil menaturalisasi tiga pemain. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Untuk nama terakhir, Pattynama memang belum melakukan sumpah WNI. Namun proses naturalisasi sang pemain tinggal selangkah lagi sehingga bisa dipastikan prosesnya akan selesai sesegera mungkin.

Selain tiga nama tersebut, masih ada tiga nama lainnya yang tengah diurus PSSI. Ketiganya adalah pemain muda yang dipersiapkan PSSI untuk tampil di 2023. Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Diperkirakan, proses naturalisasi ke-tiganya belum akan selesai hingga masa jabatan Iriawan berakhir.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Kini, yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana nasib ketiga pemain muda tersebut? Apakah dengan berakhirnya masa jabatan Iriawan membuat proses naturalisasi mereka terhambat – atau bahkan dibatalkan?

Hingga pada akhirnya, Iriawan pun menjawab. Iriawan memastikan bahwa proses naturalisasi tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya. Berarti, siapapun Ketua Umum PSSI nanti, yang bersangkutan akan tetap menjalankan dan mendukung proses naturalisasi tersebut.

“Saya rasa tetap ya (program naturalisasi). Program sudah ada dan ada yang menangani juga itu,” terang Iriawan beberapa hari lalu.

“Tenaga, waktu, bahkan pikiran dan materi saya dedikasikan untuk sepak bola Indonesia,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments