Timnas Indonesia

Termasuk Cahya Supriadi, Berikut Profil 4 Kiper Garuda Muda yang Bersaing Demi Posisi Inti di Piala Dunia U-20



NOBARTV NEWS – Kiper U-20 Cahya Supriadi dikabarkan telah tiba di Turki pada Selasa, 25 Oktober kemarin. Kiper milik Persija Jakarta itu menyusul rekan-rekannya yang sudah lebih dulu tiba di sana. Sebelumnya, Cahya masih dalam tahap pemulihan sehingga dirinya tidak ikut dalam rombongan pertama skuad Garuda muda yang terbang ke Eropa.

Untuk diketahui, Cahya mendapati cidera ketika membela Timnas U-20 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu, Garuda muda tengah melakoni matchday kedua grup F melawan Timnas Hongkong. Di laga pertama, Timnas Indonesia U-20 menang telak atas Timor-Leste 4-0.

Adapun di laga melawan Hongkong tersebut, Cahya melakukan sebuah benturan yang membuat dirinya dilarikan ke rumah sakit dengan ambulan. Meski dokter PSSI Alwi Syarif mengungkapkan Cahya Supriadi baik-baik saja, ia tetap diistirahatkan ketika melawan Vietnam di matchday pamungkas.

Sejak saat itu, Cahya absen membela Timnas Indonesia dan juga klubnya Persija Jakarta. Namun kini, karena keadaannya sudah cukup membaik, ia akhirnya diperbolehkan terbang menyusul rekan-rekannya di Turki.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Serta untuk diketahui, di Turki sudah ada tiga kiper lainnya yang lebih dulu bergabung. Keempat kiper tersebut, termasuk Cahya Supriadi akan bersaing demi mengisi posisi utama penjaga gawang di Piala Asia U-20 dan juga 2023. Siapa saja keempat pemain tersebut? Berikut profilnya!

1. Erlangga Setyo

Erlangga Setyo merupakan kiper muda untuk tim Liga Indonesia Persis Solo. Memiliki tinggi badan mencapai 1,95 Erlangga diprediksi akan menjadi kiper pesaing terberat untuk Cahya Supriadi.

Erlangga merupakan penjaga gawang yang pernah menimba ilmu di Garuda Select. Di awal karirnya, Erlangga sempat menimba ilmu di akademi Persib Bandung.

2. Daffa Fasya

Pemilik nama lengkap Daffa Fasya Sumawijaya ini merupakan pemain anyar yang dipanggil STY untuk pemusatan latihan di Eropa. Ia merupakan produk asli akademi Borneo FC. Ia juga tergabung di tim muda Borneo FC B.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Sama seperti Erlangga Setyo, Daffa Fasya juga merupakan alumni Garuda Select season 4. Kehadiran Daffa Fasya menjadi alarm bagi kiper yang sebelumnya selalu dipercaya Shin Tae-Yong seperti Erlangga dan Cahya Supriadi.

3. Aditya Arya

Kiper muda kelahiran 1 Januari 2004 ini turut dibawa STY ke Eropa guna mengikuti pemusatan latihan. Pemilik postur tubuh 1,83 cm ini merupakan pemain muda Persebaya Surabaya.

4. Cahya Supriadi

Bisa dibilang, Cahya adalah pemain favorit Shin Tae-yong di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia. Ia selalu dipercaya untuk tampil di bawah mistar gawang. Di U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Cahya selalu menjadi pemain favorit pelatih asal Korea Selatan itu.

Akan tetapi, tidak ada yang menjamin ia akan menjadi pemain inti di Piala Asia U-20 atau Piala Dunia U-20 nanti.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments