Timnas Indonesia

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol Larang STY Angkat Kaki dari Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Berita terkait rencana Shin Tae-yong untuk mundur dari ternyata sampai ke telinga orang nomor satu di Korea Selatan. Adalah Yoon Suk-yeol, Presiden Korea Selatan itu meminta Shin untuk tetap mengabdi di Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Shin lewat akun instagramnya mengancam akan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia. Eks pelatih Seongnam Ilhwa itu merasa tidak setuju dengan desakan yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk mundur dari jabatannya. Iriawan sendiri diminta mundur karena dianggap sebagai salah satu orang yang paling bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan.

Dalam tragedi tersebut, ratusan jiwa melayang dan ratusan lainnya alami luka-luka. Atas dasar itu, publik menyorotinya dan menganggap Iriawan harus angkat kaki sebagai bentuk tanggungjawab. Tidak hanya desakan publik saja, namun komentator sepak bola seperti Bung Towel dan juga TGIPH selaku tim investigasi merekomendasikan agar jajaran PSSI mundur dari jabatannya.

Dan ternyata, desakan kepada Ketua Umum PSSI tersebut ditanggapi juga oleh Shin Tae-yong. Menurut Shin, ia dan Ketum PSSI dan juga staf lainnya adalah sebuah tim. Dan selayaknya sebuah tim, jika satu yang melakukan kesalahan – maka semuanya harus sama-sama menerima konsekuensinya. STY merasa dirinya sebagai bagian dari tim tersebut.

Akibat ancaman STY tersebut, banyak netizen berkomentar. Publik sepakbola Indonesia pun terbelah. Ada pro dan kontra. Netizen yang pro akan memihak Shin dan menganggap keluar dari Timnas Indonesia bukanlah sebuah solusi. Begitupun sebaliknya, netizen yang kecewa justru mempersilakan STY untuk angkat kaki.

Dan tanpa diduga-duga, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol turut angkat suara. Dalam hal ini, Presiden Korsel tersebut berada dalam kelompok yang pro. Sama seperti banyak orang, pada awalnya Yoon Suk-yeol mengaku kaget dengan ancaman dari warga negaranya tersebut. Dan dengan tegas, Yoon Suk-yeol meminta Shin untuk tetap membersamai Timnas Indonesia.

“Saya kaget, pelatih Shin akan mundur. Tapi saya sudah kasih perintah tegas agar Shin tetap melatih demi Timnas Indonesia,” ujar Yoon Suk-yeol dilansir dari YouTube Onlen News.

Untuk diketahui sebelumnya, Yoon Suk-yeol, Presiden RI Joko Widodo dan Shin Tae-Yong bertemu dalam sebuah acara lawatan pemerintah RI di Korea Selatan. Dalam kesempatan itu, Shin diminta untuk datang dan menyambut kehadiran Joko Widodo dan rombongan.

Bahkan dari beberapa foto yang beredar, Shin dan Joko Widodo sempat berbincang mengenai persepakbolaan tanah air. Salah satu foto juga menampilkan Joko Widodo dengan ibu negara, Shin Tae-Yong, dan Presiden Korsel beserta ibu negara berfoto bersama.

Bisa jadi, karena kedekatannya dengan Joko Widodo, Yoon Suk-yeol tidak ingin melihat STY hengkang dari Timnas Indonesia.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments