Timnas Indonesia

Masih Ada Peluang, Berikut Skenario Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Kemenangan atas Vietnam pada matchday kedua Piala Asia 2023 grup D membuat skuad Garuda memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Bagaimana skenario tersebut bisa terjadi?

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi telah bertemu dengan Vietnam pada laga keduanya di grup D Piala Asia 2023. Berbeda dengan pertandingan pembuka yang di mana skuad Garuda menelan kekalahan 3-1, untuk laga kemarin tidak.

Di laga perdananya melawan Irak, skuad asuhan Shin Tae-yong itu dipermalukan dengan skor akhir 3-1. Sempat menyamakan kedudukan dan membuka asa untuk meraih kemenangan, gawang Ernando Ari justru kembali dibobol oleh tim asal timur tengah itu. Alhasil, mereka takluk dengan skor seperti yang disebutkan tadi yakni 3-1.

Namun beruntungnya, pada laga keduanya tadi malam, Adam Alis dkk akhirnya meraih kemenangan. Pada laga tersebut, Timnas Indonesia dihadapkan dengan tim sesama asal Asia Tenggara yakni Vietnam. Vietnam merupakan tim yang di pertandingan sebelumnya juga meraih hasil yang sama seperti Indonesia. Pada laga perdananya, Vietnam takluk dengan kedudukan akhir 4-2 dari Timnas Jepang.

Dan pada laga semalam, Vietnam kembali takluk dari Indonesia dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal lewat titik putih yang dilesakkan oleh Asnawi Mangkualam Bahar membuat Timnas Indonesia meraup poin sempurna pertamanya di Piala Asia 2023. Menariknya, kekalahan Vietnam atas Indonesia semalam membuat tim berjuluk The Golden Star Warriors itu dipastikan tak lolos ke babak 16 besar. Ya, walaupun mereka masih menyisakan satu laga lagi melawan Irak, namun hasil akhir dari pertandingan tersebut nanti tidak akan membuat Nguyen Quang Hai dkk melaju ke babak knock-out.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Masih Ada Peluang, Berikut Skenario Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Selebrasi gol Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Vietnam

Sementara untuk skuad Garuda, hasil semalam membuat mereka memiliki asa lolos ke babak 16 besar dengan beberapa skenario. Hasil akhir dari pertandingan di grup lain akan berpengaruh besar terhadap posisi Timnas Indonesia di klasemen akhir nanti. Untuk laga pamungkasnya di grup D, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Jepang.

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023:

1. Timnas Indonesia sukses bungkam Jepang

Di laga terakhirnya nanti, skuad Garuda akan bertemu dengan Jepang. Meskipun laga ini diprediksi akan berjalan cukup sulit bagi Timnas Indonesia, namun kemenangan atas tim Samurai Biru akan membuat skuad Garuda dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan statusnya sebagai runner-up grup D.

2. Skuad Garuda tahan imbang Jepang

Jika Indonesia dan Jepang bermain sama kuat di laga pamungkas grup D, maka peluang Marc Klok dkk untuk lolos ke 16 besar akan cukup terbuka. Sebab jika hasil ini benar-benar terjadi, maka Timnas Indonesia akan berada di peringkat ketiga klasemen akhir. Harapan untuk lolos ke babak 16 besar itu kemungkinan akan tercapai dengan syarat Indonesia finis sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Sayangnya, Timnas Indonesia harus menunggu pertandingan di grup lainnya untuk menentukan empat tim peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

3. Indonesia dikalahkan Jepang

Menariknya, walaupun skuad Garuda kalah dari Jepang, namun peluang untuk lolos ke babak 16 besar dengan 3 poin (jika kalah) ini masih tetap ada. Namun kemungkinan ini sangat berisiko karena kondisi anak asuh Shin Tae-yong itu akan sangat bergantung dari pertandingan lain di grup yang berbeda.

Sama seperti poin nomor dua, harapan untuk lolos ke babak 16 besar jika kalah dari Jepang adalah dengan berharap Timnas Indonesia finis sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid