Timnas Indonesia

Batas Umur Memenuhi, Indra Sjafri Pengen 2 Pemain Abroad Bela Indonesia di SEA Games 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Indra Sjafri sudah mempersiapkan skuadnya jelang tampil di SEA Games 2023. Dikabarkan, Indra akan memanggil dua pemain abroad Indonesia di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, SEA Games 2023 akan dihelat pada 5 Mei sampai 17 Mei 2023. Even multi olahraga itu akan diselenggarakan di Kamboja.

Sebagai tuan rumah, Kamboja membuat beberapa peraturan khusus untuk cabang olahraga sepak bola putra. Sebelumnya, setiap tim boleh mendaftarkan maksimal tiga pemain senior di atas usia 23 tahun dan sisanya wajib di bawah 23 tahun. Peraturan tersebut diterapkan ketika SEA Games edisi sebelumnya (2021 di Vietnam).

Namun kini, peraturan tersebut sudah diubah. Awalnya, Kamboja menurunkan ambang batas maksimal usia pemain yakni 22 tahun. Dan untuk pemain senior hanya diperbolehkan dua punggawa yang berusia di atas 22 tahun.

Namun kini, peraturan tersebut kembali berubah. Setiap tim wajib mendaftarkan pemain kelahiran 1 Januari 2021 atau sesudahnya. Jadi, untuk SEA Games 2023 Kamboja, batas maksimal untuk seluruh pemain wajib di bawah usia 22 tahun.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Meski demikian, hal itu disambut positif oleh sang pelatih Indra Sjafri. Bahkan ia menyebutnya sebagai hal yang positif sebab tidak perlu memikirkan pemain ‘senior' mana yang akan digunakan di even tersebut.

Kabarnya, Indra akan membuat kerangka timnya dari pemain yang sempat diproyeksikan tampil di 2021. Sebagaimana diketahui, saat itu even tersebut sempat diundur sehingga membuat umur mereka tak layak untuk masuk ke Piala Dunia U-20 yang akhirnya dilangsungkan pada tahun ini.

Selain itu, Indra juga sudah menjajaki beberapa pemain dari Liga 2. Karena Liga 2 diberhentikan oleh kepengurusan PSSI sebelumnya, Indra pun melakukan rapat virtual dengan pemilik klub Liga 2 untuk bertanya perihal pemain mana yang pantas untuk diproyeksikan tampil di SEA Games nanti.

Indra juga menyebut dirinya akan mengandalkan dua pemain abroad . Dua pemain yang dimaksud adalah Elkan Baggott dan Pratama Arhan. Kebetulan, umur kedua pemain tersebut masih layak untuk masuk ke skuad SEA Games 2023.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kita sudah mulai komunikasi dengan klubnya. Semua kita coba, kita upayakan dan coba,” kata Indra Sjafri.

“Saya akan berupaya untuk bisa maksimal dan tentu dukungan dari klub dan semua. Saya menganggap kalau dilakukan bareng-bareng, saya pikir hasilnya akan maksimal,” tambah eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

“Dan saya janji ini kalau sukses, bukan sukses,” tutupnya.

Selain Elkan Baggott dan Pratama Arhan, beberapa pemain senior Timnas Indonesia juga masih ada yang layak untuk tampil di SEA Games tersebut. Mereka adalah Witan Sulaeman, Rizky Ridho, hingga Ramadan Sananta. Tiga pemain tersebut sudah memiliki caps (dengan Timnas senior) dan sama-sama tampil di 2022 kemarin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments