Timnas Indonesia

Bima Sakti Sebut Ekuador sebagai Lawan Terkuat Indonesia di Grup A Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih U-17 Bima Sakti menyebut Timnas Ekuador U-17 sebagai lawan terkuat Arkhan Kaka dkk di dalam grup A 2023.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, FIFA telah melakukan drawing Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia. Drawing ini sendiri digelar di markas FIFA di Zurich Swiss. Untuk pelaksanaannya, even sepakbola internasional ini digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang dengan menggunakan empat stadion berbeda. Empat stadion yang disiapkan PSSI adalah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, dan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Dan dalam drawing kemarin, Timnas Indonesia U-17 dipastikan berada di grup A bersama tiga kontestan lainnya yang masing-masing berasal dari pot 2, 3, dan 4. Dari hasil drawing tersebut, skuad asuhan Bima Sakti tergabung dengan Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Di antara ketiga lawan yang akan dihadapi oleh Ji Da-bin dkk itu, Ekuador U-17 menjadi tim yang paling berpengalaman. Tim asal Amerika Latin itu tercatat tampil di enam edisi Piala Dunia U-17 – termasuk dengan edisi 2023 di Indonesia. Secara berturut-turut, Timnas Ekuador U-17 pernah tampil di tahun 1987, 1995, 2011, 2015, dan 2019, serta terbaru 2023.

Dan khusus untuk keikutsertaannya di Piala Dunia U-17 ini, mereka berhasil mentas ke-enam kalinya usai menjadi runner-up Copa America U-17 2023. Sementara itu, Maroko U-17 sudah pernah tampil satu kali di Piala Dunia U-17 tahun 2013. Adapun untuk Panama U-17, keikutsertaannya di Piala Dunia U-17 Indonesia merupakan yang ketiga kalinya setelah pernah tampil pada 2011 dan 2013 lalu. Bahkan, di edisi 2011, Timnas Panama U-17 berhasil lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga:  Kerap Mengganggu, KBRI Doha Minta Fans Tidak Dekati Pemain Timnas Indonesia

Melihat rekam jejak tiga calon lawannya itu, Bima mengambil kesimpulan bahwa Ekuador U-17 adalah lawan terkuat yang akan dihadapi timnya.

“Kalau melihat ranking (tim terkuat) ya Ekuador. Kami tahu juga sepak bola mereka bagus,” kata Bima Sakti.

“Saya juga berpikir semua tim yang di Grup A ini adalah terbaik,” ujarnya menambahkan.

“Alhamdulillah siapapun lawan kami dari semua yang hadir di Piala Dunia U-17 2023 ini pasti yang terbaik. Setelah hasil drawing kemarin, kami sudah mengambil video-video dari pertandingan tim yang akan kami hadapi,” pungkasnya.

Adapun untuk pertandingan yang akan dilakoni oleh kontestan grup A, seluruh pertandingan akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Dan untuk saat ini, skuad Garuda Asia akan melakukan persiapan terlebih dahulu dengan mengikuti pemusatan latihan dan uji coba di negara Eropa Jerman.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid