Timnas Indonesia

PSSI Targetkan Proses Naturalisasi Rampung pada 10 Desember 2023



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan kabar terbaru terkait proses naturalisasi beberapa calon pemain . Katanya, proses tersebut diusahakan rampung pada tanggal 10 Desember mendatang.

Seperti yang diketahui, saat ini PSSI sedang melakukan proses naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan. Ketiga pemain tersebut adalah Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers FC U-21), Nathan Tjoe-A-On (Swansea City FC), dan Jay Idzes (Venezia FC).

Proses naturalisasi ketiga pemain keturunan yang masing-masing berkarier di luar negeri itu sejauh ini berjalan dengan lancar. Bahkan, untuk Justin Hubner, proses naturalisasi bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu tinggal menunggu tanda tangan (surat keputusan presiden) dari Joko Widodo.

Dan menariknya, baru-baru ini, PSSI memastikan bahwa ada satu pemain tambahan lainnya yang akan mengikuti jejak ketiga pemain yang disebut itu. Adalah Ragnar Oratmangoen, pemain asal klub Eredivisie Belanda Fortuna Sittard itu baru-baru ini datang ke Indonesia. Kedatangan pemain keturunan tersebut disambut langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dan seperti yang sudah diduga banyak orang, Ragnar diperkenalkan sebagai salah satu pemain keturunan yang akan mengikuti proses naturalisasi tersebut.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Kata Erick, meskipun proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen baru berjalan, namun ia dan ketiga nama lainnya diusahakan sudah menyelesaikan seluruh proses naturalisasinya pada bulan depan di tanggal 10 Desember 2023. Proses ini diharapkan bisa berjalan cepat agar keempatnya bisa membela Timnas Indonesia di beberapa even penting tahun depan.

PSSI Targetkan Proses Naturalisasi Rampung pada 10 Desember 2023
Erick Thohir memperkenalkan salah satu pemain keturunan Nathan Tjoe-A-On kepada Presiden RI Joko Widodo

Diketahui, pada tahun depan (2024), skuad Garuda akan tampil di beberapa even penting. Dua even penting tersebut adalah Piala Asia 2023 dan 2026 zona Asia ronde kedua.

“Proses Justin lagi didorong ke Pak Presiden. Kalau bisa Pak Presiden mengeluarkan surat dalam satu minggu ini,” kata Erick Thohir Kamis kemarin (16/11).

Untuk proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Erick menyebut prosesnya sudah ada di meja Kemenkumham (Kementrian Hukum dan HAM).

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

“Lalu untuk Nathan sama Jay sudah ada di Kemenhunkam. Kita lagi tunggu prosesnya,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Ya mudah-mudahan target 10 Desember kita bisa kejar gitu. Ragnar Oramangoen juga kita coba dorong,” paparnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid