Timnas Indonesia

Setelah Luis Milla, Pelatih Arema Satu Barisan Dukung STY Terkait Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Tak sedikit pelatih Liga Indonesia yang merasa kesal dengan pemanggilan pemainnya ke . Namun perlu diketahui bahwa dukungan kepada Shin juga tak kalah banyaknya. Terbaru, pelatih Arema FC Javier Roca mengungkapkan dukungannya kepada sang pelatih.

Sebelumnya, pelatih Persija Thomas Doll dan PSM Makassar Bernando Tavares mengeluh karena pemainnya selalu dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Di Timnas U-20, kedua tim ini sama-sama menyumbang pemainnya. Begitupun dengan di Timnas senior.

Terbaru, Persija melepas tiga pemainnya yakni Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama Pranata, dan Muhammad Ferrari. Begitu juga dengan PSM Makassar. Tim asal pulau Sulawesi itu melepas Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, dan Ramadhan Sananta.

Dilepasnya para pemain tersebut membuat pelatihnya di klub gusar. Tavares dan Doll sama-sama kesal dengan pemanggilan tersebut. Bahkan, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso lebih blak-blakan lagi. Tidak protes berlebihan, namun ia meminta para pemainnya untuk pulang ke Persebaya guna arungi . Menjelang 2022, Persebaya akan mengembalikan para pemainnya tadi ke Timnas Indonesia.

Meski mendapat banyak penolakan seperti yang diutarakan oleh tiga pelatih di atas, namun Shin juga mendapatkan dukungan. Shin mendapat dukungan dari pelatih Persib Bandung Luis Milla. Pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia di era sebelumnya, Milla sangat memaklumi keadaan Shin Tae-yong. Ia pun tak masalah ketika pemainnya dipanggil guna perkuat Timnas Indonesia. Padahal, tiga pemain Persib yang dipanggil merupakan pemain inti. Sebut saja seperti Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Rachmat Irianto.

Selain Milla, kini bertambah lagi dukungan untuk Shin Tae-yong. Pelatih anyar Arema FC Javier Roca justru juga mendukung penuh pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia. Pelatih asal Chile itu mengatakan tak ada yang lebih besar dari Timnas Indonesia.

“Saya secara pribadi bukan hanya sekarang di Arema FC tapi dari dulu memang tidak ada yang lebih besar dari timnas,” papar Javier Roca.

“Tidak ada yang lebih penting dari timnas, dari saya sebagai yang bertanggung jawab di Arema FC,” ujarnya menambahkan.

Bahkan, Javier Roca mempersilakan Shin jika ia masih ingin mengambil pemainnya untuk dibawa ke Timnas lagi.

“Silahkan mereka punya hak untuk memanggil siapa saja, mereka juga sangat antusias untuk mewakili negara untuk tampil di ajang internasional,” kata eks pelatih Persik Kediri itu.

“Baik itu AFF dll, Arema FC termasuk saya kita sangat prioritaskan dan patuh pada timnas untuk meraih hasil yang terbaik.”

“Sekarang tidak ada M Rafli kita harus maksimalkan, jika nanti tidak ada Dedik Setiawan atau yang lain, kita akan maksimalkan yang ada,” tutup pelatih yang sebagian besar karir sepakbolanya dihabiskan di Indonesia itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments