Timnas Indonesia

Faktor Fisik Jadi Alasan STY Tak Panggil Lilipaly ke Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memberikan alasannya tak memanggil Stefano Lilipaly jelang persiapan skuad Garuda berlaga di Piala Asia 2023.

Hari ini, skuad Garuda beserta rombongan sudah berangkat ke Turki. Di sana, anak asuh Shin Tae-yong itu akan melakukan pemusatan latihan beserta memainkan beberapa laga uji coba. Pemusatan latihan serta uji coba tersebut dilakukan demi mempersiapkan diri jelang Piala Asia 2023. Di Piala Asia 2023, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Vietnam, Timnas Irak, dan Timnas Jepang.

Adapun untuk uji coba tersebut, Marc Anthony Klok dkk akan berjumpa dengan Timnas Libya dua kali di Turki. Bahkan, bukan cuma melawan Libya saja, anak asuh Shin Tae-yong itu juga akan berjumpa dengan Timnas Iran di Doha dalam rangka uji coba ketiganya.

Untuk melakoni tiga uji coba serta pemusatan latihan tersebut, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Sayangnya, dari 30 pemain tersebut, Shin pada akhirnya mencoret dua nama yakni Rachmat Irianto dan Yance Sayuri. Keduanya terkonfirmasi cedera sehingga tidak mungkin untuk dibawa ke luar negeri.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Kendati dua pemain sudah dicoret, Shin ternyata tidak memanggil penggantinya. Dengan demikian, jumlah pemain yang akan mengikuti persiapan Piala Asia 2023 tetap 28 orang. Padahal, jika diperhatikan, masih banyak pemain berkualitas yang layak untuk dibawa ke even tersebut. Salah satunya adalah Stefano Lilipaly.

Faktor Fisik Jadi Alasan STY Tak Panggil Lilipaly ke Timnas Indonesia
Stefano Lilipaly bermain untuk Borneo FC

Musim ini, Lilipaly memberikan penampilan yang sangat memukau. Meskipun tidak berposisi sebagai seorang striker, namun pemain Borneo FC itu terlibat banyak dalam beberapa gol yang diciptakan oleh tim berjuluk Pesut Etam itu.

Mirisnya, bukan cuma kali ini saja, namun Lilipaly sudah tersisih sejak beberapa bulan yang lalu ketika tampil di laga FIFA Matchday kontra Argentina dan Palestina. Meskipun mendapatkan panggilan, saat itu Lilipaly tak mendapat kesempatan. Hal itu berlanjut ke 2026 ronde pertama kontra Brunei Darussalam dan ronde kedua kontra Irak dan Filipina.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Akibatnya, keputusan Shin kembali mendapat pertanyaan dari banyak orang. Sampai-sampai, Shin pun bersuara akan hal itu. Dalam keterangannya, Shin mengakui jika penampilan Lilipaly di Liga 1 cukup bagus.

“Lilipaly pemain yang sangat bagus di liga, saya lihat juga performanya dia sangat bagus,” kata Shin Tae-yong.

Akan tetapi, untuk laga melawan tim-tim kuat seperti lawan mereka di Piala Asia 2023, Shin menganggap Lilipaly belum layak. Lilipaly diangggap mudah lelah dan sulit secara fisik.

“Tapi kalau melawan tim di atas kita, pasti akan sangat lelah. Beberapa tahun ini saya punya kesempatan untuk melihat langsung dia, tapi untuk Piala Asia kelihatannya sulit secara fisik,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid